Penerapan permainan "Mana Aku" untuk meningkatkan kemampuan kognitif memahami konsep lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang / Nuril Lailatun Khabiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan "Mana Aku" untuk meningkatkan kemampuan kognitif memahami konsep lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang / Nuril Lailatun Khabiba

Khabiba, Nuril Lailatun (2016) Penerapan permainan "Mana Aku" untuk meningkatkan kemampuan kognitif memahami konsep lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang / Nuril Lailatun Khabiba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khabiba Nuril Lailatun. 2016. Penerapan Permainan Mana Aku untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Memahami Konsep Lambang Bilangan pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang. Skripsi S1 PG-PAUD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas iriyanto S.Pd M.Pd (2) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Permainan Mana Aku Kemampuan Kognitif TK B. Kemampuan kognitif dalam menyebutkan urutan bilangan 1 sampai 10 menghubungkan/ memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 meniru lambang bilangan 1 sampai 10 (anak diminta untuk menulis) pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang masih rendah. Hanya 50% anak yang mencapai standar ketuntasan yang ditentukan. Hal ini disebabkan media belajar dan metode pembelajaran yang kurang bervariatif dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan Permainan Mana Aku untuk meningkatkan kemampuan kognitif memahami konsep lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang (2) Adakah peningkatan kemampuan kognitif dalam memahami konsep lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Aisyiyah 7 Kota Malang setelah dibelajarkan dengan Permainan Mana Aku . Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi wawancara dan dokumentasi serta instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian anak kelompok B TK Aiyiyah 7 Kota Malang berjumlah 22 anak. Permainan Mana Aku diterapkan sesuai dengan langkah-langkah dimulai dari mencari kartu bilangan yang dipasangkan dengan gambar asosiatif yang jumlahnya sesuai 1-10 pada papan flanel. Kegiatan ini dilakukan secara kooperatif dengan 2 anak sebagai pemain pertama. Anak yang lebih awal menyelesaikan permainan Mana Aku ini diperbolehkan duduk terlebih dahulu. Permainan Mana Aku dilakukan secara bergantian. Berdasarkan penerapan Permainan Mana Aku diketahui bahwa kemampuan kognitif dari pratindakan ke siklus I meningkat menjadi 78% dan pada siklus I ke siklus II meningkat persentase ketuntasannya sebesar 95%. Kesimpulan Permainan Mana Aku ini dapat dimainkan dengan baik dalam pengembangan kognitif memahami konsep lambang bilangan dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Saran yang dikemukakan yaitu hendaknya guru menggunakan Permainan Mana Aku dengan variasi kegiatan yang dapat meningkat kemampuan kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8341

Actions (login required)

View Item View Item