Penerapan permainan tradisional damparan untuk mengembangkan pemahaman lambang bilangan kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Desya Amalia Riandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan tradisional damparan untuk mengembangkan pemahaman lambang bilangan kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Desya Amalia Riandini

Riandini, Desya Amalia (2016) Penerapan permainan tradisional damparan untuk mengembangkan pemahaman lambang bilangan kelompok A di TK PKK Bandulan Malang / Desya Amalia Riandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riandini Desya Amalia. 2016. PenerapanPermainanTradisionalDamparanuntukMengembangkanPemahamanLambangBilanganKelompok A di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru PendidikanAnakUsia Dini JurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolah FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Tumardi S.Pd M.Pd (2) Suryadi S.Sn M.Pd. Kata Kunci Damparan LambangBilangan Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpadaanakkelompok A di TK PKK Bandulan Malang ditemukanfaktabahwa 19 anakbelummampumembilang 1-10 danmencocokanlambangbilangandenganjumlahbenda. Pembelajaran yang diterapkan guru selamainijarangmenggunakanmetodebermain. Penelitianinibertujuanuntuk (1) mendeskripsikanpenerapanpermainantradisionaldamparandapatmengembangkanpemahamanlambangbilanganpadaanak. (2) mendeskripsikanpeningkatanpemahamanlambangbilangandenganmenerapkanpermainantradisionaldamparan. Rancanganpenelitian yang digunakanyaitupenelitiantindakankelas. Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus.Setiapsiklusterdapatempattahap yang harusdilaksanakanyaitu (1) perencanaan (2) pelakanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilaksanakandenganteknikobservasi wawancara dandokumentasi. Instrumenpengumpulan data menggunakanlembarobservasitentangkemampuananak lembarwawancara danfotokegiatan. Subjekpenelitianadalahanakkelompok A di TK PKK Bandulan Malang tahunajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 anakterdiridari 12 anakperempuandan 12 anaklaki-laki. Hasilpenelitianmenunjukanbahwamelaluipermainantradisionaldamparan pemahamananakkelompokAtentanglambangbilanganmengalamipeningkatan. Penelitiansiklus I ditemukankerberhasilananakmencapai 61 53% danmengalamipeningkatanpadasiklus II keberhasilananakmencapai 84 61%. Berdasarkan data tersebut dapatditarikkesimpulanbahwapemahamananaktentanglambangbilangandipengaruhiolehpenggunaanpermainantradisionaldamparan yang memberikankesempatanuntukmelakukanpencocokanantarakartuangkadenganjumlahstikeskrimdidalam proses pembelajaran. Olehkarenaitu saran untuk guru banyakmemberikan stimulus-stimulus kepadaanakdengan media ataupermainan yang lebihmenariksertamudahdipahamiolehanakdanlebihbermakna yang berkaitantentangpembelajaranlambangbilangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8340

Actions (login required)

View Item View Item