Rakhmawati, Dwi (2016) Pemanfaatan kegiatan bermain bola lagu untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang / Dwi Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rakhmawati Dwi. 2016. Pemanfaatan Kegiatan Bermain Bola Lagu untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A TK An-Nur Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. (II) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci bermain bola lagu bahasa anak kelompok A Hasil observasi awal menunjukkan rendahnya kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Faktor penyebab dari permasalahan ini adalah pembelajaran yang dilaksanakan didominasi oleh guru menggunakan metode ceramah dan tidak menerapkan pendekatan bermain sehingga kurang memotivasi anak untuk terlibat aktif memahami dan mengungkapkan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Pemanfaatan kegiatan bermain Bola Lagu untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang 2) Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang melalui pemanfaatan kegiatan bermain Bola Lagu. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan Taggart pada 20 anak kelompok A selama bulan September 2015 dan bulan Maret 2016. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas serta guru sentra bahasa dan peran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kemampuan bahasa anak kelompok A dokumentasi berupa foto dan kegiatan pembelajaran dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemanfaatan kegiatan bermain Bola Lagu untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A divariasikan dengan kegiatan lomba bola lagu estafet bola lagu dan bermain alas lagu yang membuat anak termotivasi untuk memahami bahasa reseptif dan menggunakan bahasa ekspresif dengan benar 2) Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang terjadi melalui pemanfaatan kegiatan bermain Bola Lagu. Hasil dari pra tindakan sebesar 15 79% siklus I sebesar 58 82% dan siklus II sebesar 89%. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus II sebesar 73 21%. Kesimpulan penelitian yaitu pemanfaatan kegiatan bermain Bola Lagu dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK An-Nur Malang. Saran dari penelitian ini yaitu agar 1) guru TK hendaknya menggunakan kegiatan bermain Bola Lagu dengan memperbaiki kekurangan penelitian untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A 2) peneliti lain hendaknya melakukan penelitian sejenis pemanfataan kegiatan bermain Bola Lagu pada pembelajaran aspek selain bahasa di waktu selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8339 |
Actions (login required)
View Item |