Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A melalui strategi pembelajaran BCM (bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Kartika IX-41 Malang / Natalia Defi Renata - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A melalui strategi pembelajaran BCM (bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Kartika IX-41 Malang / Natalia Defi Renata

Renata, Natalia Defi (2016) Peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A melalui strategi pembelajaran BCM (bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Kartika IX-41 Malang / Natalia Defi Renata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Renata Natalia Defi .2016. Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Melalui Strategi Pembelajaran BCM (Bermain Cerita Menyanyi) di TK Kartika IX-41 Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. (II) Suryadi S.Sn Kata kunci Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Strategi Pembelajaran Bermain Cerita Menyanyi Pembelajaran pada kelompok A ditemukan bahwa anak dalam menceritakan kembali isi cerita secara sederhana masih kurang anak malu dalam menampilkan hasil karya di depan kelas anak sering bermain sendiri saat pembelajaran anak diam saat bernyanyi bersama-sama. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran BCM (Bermain Cerita Menyanyi) dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A 2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan bahasa anak kelompok A melalui strategi pembelajaran BCM (Bermain Cerita Menyanyi). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Penerapan strategi pembelajaran bermain cerita menyanyi yaitu a) anak bermain bisik berantai dan bermain talking stick b) bercerita dengan media flip chart dan buku cerita bergambar c) anak bernyanyi lagu sesuai tema dan menyanyi dengan bermain talking stick. Peningkatan kemampuan bahasa melalui strategi bermain cerita menyanyi diperoleh ketuntasan sebesar 85.69%. Berdasarkan uraian di atas peneliti memberikan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran BCM dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK Kartika IX-41 Malang. Peneliti juga memberikan saran agar menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik untuk menunjang pembelajaran dan anak lebih bersemangat dalam belajar dan mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8338

Actions (login required)

View Item View Item