Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok A TK Al Hikmah 2 Kecamatan Kanogoro Kabupaten Blitar / Sinta Rizky Alviasari

Alviasari, Sinta Rizky (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik mozaik pada anak kelompok A TK Al Hikmah 2 Kecamatan Kanogoro Kabupaten Blitar / Sinta Rizky Alviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alviasari, Sinta rizky. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok A TK Al Hikmah 2 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi, Progam Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sutansi, M.Pd, (2) Suminah, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: kemampuan motorik halus, teknik mozaik, anak kelompok A Hasil observasi pada kelompok A di TK Al Hikmah 2 kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar ditemukan masalah dalam kemampuan motorik halus yaitu seperti memegang pensil, menggunting, menempel, dan melipat yang belum berkembang secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa dari 13 anak kelompok A terdapat 2 anak (15,4%) yang memiliki kemampuan menggunting dan menempel, sedangkan 11 anak lainnya (84,6%) masih mengalami kesulitan dalam hal menggunting dan menempel kertas. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan teknik mozaik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Al Hikmah 2 kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al Hikmah 2 kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar. Data dijaring melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik catatan lapangan. Data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik mozaik pada kegiatan pembelajaran menjadi lebih maksimal, anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan motorik halus dalam kegiatan teknik mozaik dari pratindakan sebesar 15,4% pada siklus I sebesar 38,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 84,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui teknik mozaik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam hal memegang pensil, menggunting, menempel, melipat di TK Al Hikmah 2 kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian kepada pihak sekolah diharapkan untuk meningkatkan kreativitas dalam mengadakan kegiatan pembelajaran yang tidak monoton dan dapat memotivasi anak dalam mengembangkan kemampuan motorik halusnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item