Amelia, Dina Maretta (2016) Pengembangan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan melalui kegiatan bercerita dengan gambar wayang kelompok B TK Dharma Wanita 03 Sonosari Malang (penelitian tindakan kelas) / Dina Maretta Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Amelia Dina Maretta. 2016. Pengembangan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Kegiatan Bercerita dengan Gambar Wayang Kelompok B TK Dharma Wanita 03 Sonosari Malang (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Evania Yafie S.Pd M.Pd. Kata Kunci penjumlahan dan pengurangan bercerita wayang. Pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan berhitung. Kepekaan terhadap bilangan perlu dikenalkan sejak anak usia dini. Penerapan operasi penjumlahan dan pengurangan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pengembangan kemampuan kognitif anak perlu adanya pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak. Hasil observasi awal ditemukan bahwa anak TK Dharma Wanita 03 Sonosari Malang kemampuan kognitifnya masih rendah dalam hal berhitung. Berdasarkan hal tersebut kegiatan bercerita tepat digunakan sebagai alternatif dalam proses memperbaiki pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan kegiatan bercerita dengan gambar wayang untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan pada kelompok B. 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan melalui pelaksanaan kegiatan bercerita dengan gambar wayang pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan observasi refleksi perencanaan dan pelaksanaan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 21 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan melaksanakan penerapan kegiatan bercerita pada pembelajaran kelompok B maka hasil belajar anak pra tindakan keberhasilan klasikal 43% pada siklus I mencapai 71% dan pada siklus II mencapai 95%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan kegiatan bercerita telah mencapai kemampuan kognitif yang optimal sesuai dengan kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan untuk pendidik dapat menerapkan kegiatan bercerita dengan gambar wayang untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan. Karena sesuai dengan tahapan anak 5-6 tahun yaitu pra operasional sehingga membutuhkan benda konkret untuk pelaksanaan pembelajaran berhitung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8333 |
Actions (login required)
View Item |