Lestari, Mia Dwi (2016) Peningkatan kemampuan berbicara melalui permainan grab bag pada anak kelompok B TK PGRI Bandung Kabupaten Tulungagung / Mia Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dwi Lestrari Mia. 2016. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Permainan Grab Bag Pada Anak Kelompok B TK PGRI Bandung Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata kunci peningkatan berbicara permainan grab bag Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bandung Kabupaten Tulungagung diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran antara lain (1) anak belum percaya diri atau berani untuk berbicara di depan kelas (2) anak kurang tertarik dengan pembelajara karena terlalu monoton (3) anak masih sulit dalam mengembangkan membuat kalimat dan (4) anak masih kesulitan berbicara secara lancar dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan Grab Bag dan peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bandung Kabupaten Tulungagung melalui permainan Grab Bag. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penilitan dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan permainan grab bag dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK PGRI Bandung kabupaten Tulungagung diperoleh persentase hasil belajar anak meningkat dari tahap pratindakan siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru 85% aktivitas anak 63% dan hasil belajar anak 53 75%. Siklus II diperoleh persentase aktifitas guru 100% aktivitas anak 82% dan persentase hasil belajar anak 85%. Peningkatan terjadi pada setiap tahap penelitian mulai pratindakan hingga siklus II. Akhir siklus II diperoleh 12 dari 13 anak tuntas sedangkan 1 anak belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan Grab Bag dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Melalui permainan yang menyenangkan akan menarik minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi para guru untuk menggunakan permainan Grab Bag pada pembelajaran bahasa khususnya kemampuan berbicara anak supaya dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK PGRI Bandung Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8332 |
Actions (login required)
View Item |