Pengembangan permainan sirkuit "Colour Trick" pada pembelajaran fisik motorik untuk anak usia 4-5 tahun di Kota Malang / Tiara Mei Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit "Colour Trick" pada pembelajaran fisik motorik untuk anak usia 4-5 tahun di Kota Malang / Tiara Mei Astuti

Astuti, Tiara Mei (2016) Pengembangan permainan sirkuit "Colour Trick" pada pembelajaran fisik motorik untuk anak usia 4-5 tahun di Kota Malang / Tiara Mei Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Astuti Tiara Mei. 2016. Pengembangan Permainan Sirkuit Colour Trick Pada Pembelajaran Fisik Motorik Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.I Made Seken M.Pd. (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Fisik Motorik Permainan Sirkuit Colour Trick . Perkembangan Fisik Motorik merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan secara optimal.Fakta yang diperoleh dari hasil observasi di TK Insan Kamil Gadang Kota Malang Kegiatan pembelajaran fisik motorik masih cenderung monoton sering menggunakan media lembar kerja (LK) kegiatan fisik motorik kasar hanya dengan kegiatan senam dan drum band serta memanfaatkan alat permainan di halaman sekolah kegiatan melalui media yang monoton mengakibatkan anak cepat bosan dalam melakukan. Selain itu kegiatan permainan sirkuit fisik motorik belum pernah dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan permainan sirkuit Colour Trick adalah meghasilkan produk permainan yang layak digunakan menurut para ahli dan menghasilkan produk permainan pada pembelajaran fisik motorik yang aman mudah dan menyenangkan untuk anak kelompok A . Permainan sirkuit Colour Trick merupakan permainan yang didalamnya mengandung unsur-unsur kebugaran jasmani meliputi (kekuatan kelincahan keseimbangan ketangkasan dan ketepatan). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian menggunakan model Dick n Carry. Prosedur pengembangan terdiri dari sembilan langkah yaitu (1) Analisis kebutuhan dan tujuan (2) Analisis pembelajaran (3) Analisis pembelajaran dan konteks (4) Merumuskan tujuan performasi (5) Mengembangkan instrumen (6) Mengembangkan strategi pembelajaran (7) Mengembanagakn dan memilih abhan pembelajaran (8) Merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) Melakukan revisi. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah permainan sirkuit Colour Trick dengan kriteria keberhasilan yaitu (1) 90 47% anak mudah melakukan permainan sirkuit Colour Trick .(2) 100% aman dalam melakukan permainan sirkuit Colour Trick . Dan (3) 100% anak senang melakukan permainan sirkuit Colour Trick . Kesimpulan pengembangan produk permainan sirkuit Colour Trick untuk pembelajaran fisik motorik ini adalah mudah aman dan menyenangkan bagi anak khususnya kelompok A. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok lain yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item