Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA di tiga Sekolah Dasar Kodya Malang <BR>oleh Handoyo Saputro

Saputro, Handoyo (2001) Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran IPA di tiga Sekolah Dasar Kodya Malang <BR>oleh Handoyo Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistemp embelajaranse nantiasad ikembangkand an ditingkatkank ualitasnya melalui pemanfaatanm edia dalam proses pembelajaran.M edia pembela-jaran merupakasna lahs atu komponenp entingd ani ntegrald alamp rosesb elajarm engajar. Mediap embelajarajink a dipilih secarate patgunad an dimanfaatkans ecarab erdayagunaa kand apatm eningkatkanm utu pembelajaran. Diantaraje nis mediap embelajaranm, ediag ambarm erupakana ltematify ang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IpA). Media mempunyai kemampuan meningkatkan efektivita's belajar siswa, mudah digunakan, sederhanam, udah diperoleh atau dibuat, mudah dibawa ke mana-mana,d an dapat digunakand i manas aja.D i sampinga lasand i atas,m edia gambar mampum enterjematrkan simbul verbal dan memperjelas pengertian siswa, memperkaya atau melengkapmi utu bacaan,m embpngkitkanm otivasi dan menghidupkans uasana kelas, dan terutama mengkongkritkan pelajaran dan memperbaiki kesan yang salah darii lustrassi ecarav erbal (secarali sana taut ulisans aja). Menyadariu rgensi gambar sebagaim edia pembelajaranm aka dipandang perlum engkajpi emanfaatamn ediag ambard alamp embelajaranIp A yangd ilakukan di tiga sekolahd asarK odya Malang. Penelitiani ni bertujuan memaparkan(:l ) motivasgi urum emanfaatakamn edia gambar,( 2) faktor yang dipertimbangkang uru ketika memilih media gambar, (3) prosedur pemanfaatan media gambar, (4) intensitapse manfaatamn ediag ambar,( 5) hambatanp emanfaatamn ediag ambard, an (6) upayap engembangamne diag ambar. Jenisp enelitiani ni adalahd eskriptify angd imaksudkanu ntuk mengumpulkan informasi secara rinci dan memaparkan hasilnya dalam bentuk deskripsi atau uraian. Informasyi angd icari adalaht entangp emanfaatanm edia gambard alam pembelajaran IPA di sekolahd asarK odya Malang. subyek penelitiana dalahg uru mata pelajaran Ilmu PengetahuaAnla m (IPA) berasadl ari SD MuhammadiyahI, SDN BarengI , dan SDN Bareng II sebanyak 9 (sembilan) orang. pengumpulan data dilakukan menggunakaann gketd anp anduano bservasi. Hasilp enelitianm enunjukkans uatut emuan:1 ). Motivasi guru menggunakan gambars ebagami edia pembelajaranIP A di sekolahd asar Kodya Malang adalah karena: (a) biaya pembuatan murah, (b) cara pembuatan mudah, (c) isi materi pelajaran menjadi lebih mudah dipahami siswa, (d) mampu memudahkan pÔé¼nyampalarsnr materi pelajaran,d an (e) mampu memotivasid an mengaklifkan belajasr iswa.2 ). Faktor-faktory ang dipertimbangkang uru saat memilih gambar sebagami edia pernbelajaranIP A yaitu: (a) kesesuaiang ambar dengan tujuan pembelajara(nb,) karakteristiks iswa, (c) metodep engajarany ang digunakan,( d) jenism ateriy ang disampaikan,d an (e) muhr/kualitasf isik media. 3). prosedur pemanfaatmane diag ambary angd ilakukanb erdasarkahna sil observassi ebanyak1 2 kali adalah sebagai berikut: Tahap persiapan, melakukan kegiatan berupa merumuskarenn canap embelajarand an menyiapkanm edia gambars esuaid engan rencanpae mbelajarayna ng telah dirumuskan.T ahapp elaksanaand lbagi menjadi tigak egiatany aitu pembukaan,p elaksanaan/intpi embelajarand an penutup.S aat mgmbukpae lajarank egratany angd ilakukang uruy airu melakukana ppersepsTi.a hap inti pembelajaratne rdiri dari beberapa kegiatany aitu: guru *erniiung gamuard -i depan kelas, guru menjelaskan materi pelajaran dengan media gambar, guru mengajukapne rtanyaanm elalu gambar, siswa mengajukanp ertanyaant entang gambadr,a ng uru menyuruhs iswam enunjukkanb agrang ambar. padas aatk egiatan menutuppe laaj rang urum enyimpulkanp elaja ran. Saapt embelajarabne rlangsungs, iswa antusiasd engank egiatanp embelajarand an partisipasmi erekaj uga tinggi. 4). Intensitasp emanfaatkanm edia gambard alam pembelajaradni lakukan:( a) secarar utin setiapp embelajaranF A, (b) secarar utin l?t1nqc, sekali,d an juga (c) secarar utin minimal sebulans ekali.i Vletodey ang dipakai adalah metode ceramah dan tanya jawab, dan diskusi. Guru hanya memanfaatkagna mbary ang tersediad i sekolahd iantaranyag ambart entangh ewan, tumbuhanp,e rnafasana, lat pencemaans, irkulasid arah,s umberd ayaa lam, sifat air, siklusa ir, sifat air, bumi, rangkam anusia,b ahan-bahanta mbang,h asil pertanian, dang erhanam ataharid an bulan. Mereka (guru)i arang mengeluaikanu ang sendiri untukm embelim ediag ambary angd ibutuhkand alamp embelajaranT. ahapE valuasi, guru tidak memberikan tes untuk mengetahui tingkat p"ny"tupan siswa terhadap materpi elajaran5. ). Hambatany ang ditemui guru dalam pembeiajaranIp A dengan menggunakanm edia gambar adalah ukuran gambar yang terlalu kecil, sedangkan faktor-faktory ang lain jarang bahkant idak pemah dianggaps ebagaip enghambat pembelajara6n). . upaya mengataski eterbatasanm eaiag amua.y ungo itututan oleh guru adalah: (a) berusaha membuat sendiri, dan (b) mengusulkan kepada lembaga/sekolaahg arm enyediakanm ediag ambar Berdasarkanh asil penelitiant ersebutd isarankank epadag uru, dan sekolah, agarm emberdayakanm edia gambard alam prosesp embelajarans erta senantlasa melakukanp engembangamne diag ambard emi kemajuanp ror"i belajarm engaJar. l l

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2001 04:29
Last Modified: 09 Sep 2001 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item