Sari, Dita Puspita (2016) Penerapan permainan kartu tersembunyi untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak TK A Dharma Wanita 03 Sonosari Malang / Dita Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Dita Puspita. 2016. Penerapan Permainan Kartu Tersembunyi untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan pada Anak TK A Dharma Wanita 03 Sonosari Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (1) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Kognitif Konsep Bilangan danLambang Bilangan Permainan Kartu Tersembunyi Latar belakang dilaksanakan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif anak. Dari 24 anak hanya 9 anak (20%) yang mampu merespon apa yang dijelaskan guru 5 anak (25%) bermain sendiri 6 anak (35%) tidak dapat memahami konsep bilangan 4 anak (20%) belum mampu mengenal angka. Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana penerapan permainan Kartu Tersembunyi untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak TK A Dharma Wanita 03 Sonosari Malang . (2) Apakah penerapan permainan Kartu Tersembunyi dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak TK A Dharma Wanita 03 Sonosari Malang . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi.Setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A dharma Wanita 03 Sonosari Malang sejumlah 24 anak terdiri dari 14 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi unjuk kerja wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan anak dan lembar wawancara. Langkah-langkah penerapan permainan kartu tersembunyi yaitu 1) peneliti menghitung 1 2 3... kemudian anak berlari mencari amplop warna kuning atau warna biru. 2) anak membuka amplop dan menyebutkan angkanya. 3) anak mengambil biji salak dari mangko kemudian dimasukkan ke dalam kotak sambil menghitung. 4) anak berlari mengambil kartu angka kemudian ditempelkan pada papan flanel sesuai jumlah gambar buah. Permainan Kartu Tersembunyi mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari data hasil penelitian yang dilakukan pada pra tindakan ke siklus I sebesar 47 9% dengan data hasil ketuntasan belajar siklus I sebesar 62 5% Siklus I ke Siklus II sebesar 20 8% dengan data hasil ketuntasan belajar di siklus II sebesar 87 5% dikatakan tuntas dan pra tindakan ke siklus II sebesar 60 4% dengan data hasil ketuntasan belajar anak sebesar 87 5% dikatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak TK A Dharma Wanita 03 Sonosari Malang melalui Permaian Kartu Tersembunyi mengalami peningkatan.Ada beberapa saran agar dapat memperbaiki kualitas pembelajaran untuk selanjutnya yaitu dengan menggunakan permainan kartu tersembunyi yang lebih menarik lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8328 |
Actions (login required)
View Item |