Pengembangan permainan suku kata tersembunyi dalam pembelajaran pengenalan membaca permulaan sesuai tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Malang / Miftakhul Rokhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan suku kata tersembunyi dalam pembelajaran pengenalan membaca permulaan sesuai tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Malang / Miftakhul Rokhmawati

Rokhmawati, Miftakhul (2016) Pengembangan permainan suku kata tersembunyi dalam pembelajaran pengenalan membaca permulaan sesuai tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di Malang / Miftakhul Rokhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rokhmawati Miftakhul. 2016. Pengembangan Permainan Suku Kata Tersembunyi untuk Mencapai Tingkat Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd (II) Eny nur aisyah S.Pdi M.Pd. Kata Kunci Permainan Suku Kata Tersembunyi dalam pembelajaran pengenalan membaca permulaan Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa yang bersifat reseptif karena dengan membaca anak dapat memperoleh informasi memperoleh ilmu pengetahuan serta pengalaman-pengalaman baru. Tetapi pada kenyataannya masih banyak anak pada kelompok B usia 5-6 tahun yang masih belum mengenal huruf suku kata dan kata. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah 1) Menghasilkan pola permainan yang didukung dengan komponen-komponen alat permainan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perkembangan anak usia 5-6 tahun dan persyaratan alat permainan yang baik. Sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran pengenalan membaca permulaan. 2) Menghasilkan permainan yang teruji layak dan valid untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dilengkapi komponen-komponen alat permainan Suku Kata Tersembunyi Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Dick dan Carey. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 7 anak dan subjek uji coba lapangan adalah 21 anak TK An-Nur Malang. Hasil keseluruhan dari tinjauan para ahli 89 39 pada uji coba kelompok kecil mendapat persentase yaitu 92 85% pada uji coba kelompok besar mendapat persentase yaitu 90 48% hasil tersebut mengacuh pada aspek kesesuaian item permainan dengan usia dan taraf perkembangan anak kemenarikan warna dan bentuk item keamanan item permainan dan aspek bahasa yang sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan penelitian dan pengembangan permainan Suku Kata Tersembunyi untuk mencapai tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun mendapat hasil keseluruhan dari tinjauan ahli uji kelompok kecil dan uji kelompok besar mendapat persentase 90 91%. Maka permainan Suku Kata Tersembunyi masuk pada kategori sangat valid dan dapat digunakan sebagai produk permainan pembelajaran bahasa. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar permainan ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pengenalan membaca permulaan oleh pendidik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item View Item