Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik menjiplak bentuk pada kelompok A TK nurul Huda Banjarejo Kabupaten Tulungagung / Faida Khoirun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik menjiplak bentuk pada kelompok A TK nurul Huda Banjarejo Kabupaten Tulungagung / Faida Khoirun Nisa

Nisa, Faida Khoirun (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui teknik menjiplak bentuk pada kelompok A TK nurul Huda Banjarejo Kabupaten Tulungagung / Faida Khoirun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Faida Khoirun. 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik Menjiplak Bentuk Pada Kelompok A TK Nurul Huda Banjarejo kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan PG-Paud Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suminah S.Pd M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci peningkatan motorik halus menjiplak bentuk Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak di TK Nurul Huda pada umumnya masih rendah. Hal ini dikarenakan kemampuan motorik halus yang belum matang. Pembelajaran bidang kemampuan motorik halus di TK Nurul Huda hanya mengikuti pembelajaran yang kurang menarik bagi anak kurangnya perhatian guru terhadap anak yang kurang mampu dalam menjiplak. Berkaitan dengan permasalahan tersebut dipandang perlu untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran motorik halus. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan teknik menjiplak bentuk dan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Nurul Huda Banjarejo kabupaten Tulungagung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data yang dihasilkan berupa kejadian-kejadian yang perlu dianalisis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research yaitu suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas. Dalam melaksanakan PTK langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah melalui 4 tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu kelompok A usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian diperoleh dari aktivitas guru berkembang dari baik menjadi sangat baik persentase mulai dari 71 4% menjadi 78 5% meningkat menjadi 85.7% dan meningkat lagi menjadi 92.8%. Sementara aktivitas anak berkembang secara bertahap mulai dari 66.6% dengan kriteria cukup menjadi 77% kriteria baik meningkat menjadi 82% dan meningkat menjadi 90.3% dengan kriteria sangat baik. Sementara motorik halus anak setelah melakukan tindakan menunjukkan adanya perubahan kearah yang lebih baik. Kemampuan motorik halus anak di TK Nurul Huda pada pratidakan masih rendah yaitu 33 3% dengan kriteria sangat kurang. Setelah melakukan tindakan kemampuan motorik halus dapat ditinjau dari ketepatan kerapian dan keindahan dalam menjiplak bentuk. mengalami peningkatan sebesar 46% menjadi 77% dengan kriteria baik meningkat menjadi 86.6% dengan kriteria sangat baik. Penilaian sikap belajar anak terjadi peningkatan sebesar 67% menjadi 72% meningkat lagi sebesar 77% menjadi 86.6% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan tentang kegiatan motorik halus anak mulai dari aktivitas guru aktivitas anak keterampilan anak dalam menjiplak dan sikap anak dalam menjiplak sudah mengalami peningkatan. Sehingga anak sudah mencapai 8805 70% dan anak sudah dikatakan berhasil. Sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak membantu pihak sekolah untuk memberikan kegiatan yang menarik dalam melakukan pembelajaran dan juga membantu guru untuk meningkatkan motorik halus anak dengan kegiatan menjiplak yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8326

Actions (login required)

View Item View Item