Olivantina, Rara Agista (2016) Pengembangan media pembelajaran diorama berputar berbasis kecerdasan visual spasial untuyk anak kelompok B / Rara Agista Olivantina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Olivantina Rara Agista. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Berputar Berbasis Kecerdasan Visual Spasial untuk Anak Kelompok B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiwan M.Sn (II) Sandy Tegariyani P.S. M.Pd. Kata Kunci Diorama Berputar Kecerdasan Visual Spasial TK Kelompok B Berdasarkan hasil studi pendahuluan di beberapa TK menunjukkan bahwa anak membutuhkan media pembelajaran yang inovatif agar pembelajaran lebih menarik. Pembelajaran yang dilakukan selama ini masih cenderung menggunakan media yang kurang variatif. Guru hanya memberikan gambar dengan ukuran yang kecil dan tidak kurang bervariasi menyebabkan anak malas dan bosan untuk melihat. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media diorama berputar yang digunakan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak. Media pembelajaran ini juga bertujuan untuk membuat anak lebih tertarik untuk belajar dan dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi tujuh langkah. Instrumen yang digunakan adalah angket berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil uji ahli pembelajaran anak usia dini diperoleh persentase 85% sedangkan hasil uji ahli materi kecerdasan visual spasial diperoleh persentase 71 87% dan hasil uji ahli media pembelajaran anak usia dini diperoleh persentase 82 5%. Hasil analisis data pada saat penelitian adalah 100% pada aspek kemenarikan dan 84 02% pada aspek keefektifan dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran diorama berputar dapat disimpulkan bahwa media tersebut layak digunakan pada anak anak kelompok B. Pendidik hendaknya dapat menggunakan media ini sebagai alternatif padapembelajaran yang mengembangkan kecerdasan visual spasial untuk anak kelompok B. Bagi peneliti selanjutnya media ini dapat diujikan kepada kelompok yang lebih luas dan disosialisasikan ke sekolah atau lembaga pendidikan yang terkait. Selain hal tersebut peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan media pembelajaran diorama berputar dengan menambahkan 8 jenis aspek kecerdasan lainnya dan aspek perkembangan yang lain kedalam media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8325 |
Actions (login required)
View Item |