Penggunaan media pohon berbuah angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Islam Assalam Tlogomas Malang / Novia Dwi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pohon berbuah angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Islam Assalam Tlogomas Malang / Novia Dwi Jayanti

Jayanti, Novia Dwi (2016) Penggunaan media pohon berbuah angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada kelompok A di TK Islam Assalam Tlogomas Malang / Novia Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jayanti Novia Dwi. 2016. Penggunaan Media Pohon Berbuah Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Konsep Bilangan Pada Kelompok A TK Islam Assalam Tlogomas Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Made Seken M.Pd. (II) Suryadi S.Sn. M.Pd Kata Kunci Media Pohon Berbuah Angka Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa sebagian besar anak kelompok A di TK Islam Assalam Tlogomas Malang belum memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan dengan baik. Hal ini disebabkan karena cara mengajar dan media yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media Pohon Berbuah Angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan melalui media Pohon Berbuah Angka. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi pemberian tugas dan dokumentasi sedangkan anlisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan Media Pohon Berbuah Angka diperoleh presentase sebesar 31 25% sedangkan pada siklus I pertemuan kedua sebesar 62 5%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria pencapaian tingkat keberhasilan anak minimal 75% maka penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan mencapai 87 5%. Guru dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran yang menarik menyenangkan dan bermanfaat untuk anak agar anak tidak terbebani dalam menerima kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item