Sari, Ekky Putri Meirinda (2016) Pengembangan instrumen asesmen motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak / Ekky Putri Meirinda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Ekky Putri Meirinda. 2016. Pengembangan Instrumen Asesmen Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Suryadi S.Sn. M.Pd. Kata Kunci Asesmen Instrumen Motorik Kasar Anak Taman Kanak-kanak Instrumen yang valid dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana tingkat perkembangan motorik kasar dalam diri anak yang relatif cepat perkembangannya. Ditemukan fakta bahwa guru TK masih kebingungan menentukan sebuah acuan baku dalam mengasesmen perkembangan anak.Guru hanya memiliki acuan kurikulum yang berlaku tanpa disertai alat asesmen yang valid. Penelitian ini menghasilkan instrumen asesemen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran manapun. Dikemas berbentuk pedoman observasiseperti halnya KMS (Kartu Menuju Sehat)yang dilengkapi tanggal pencatatan petunjuk penggunaan dan petunjuk penskoran untuk mempermudah pemakaian. Penelitian menggunakan metode pengembangan. Uji coba dilakukan melalui validasi dan uji coba lapangan. Validasi ahli kepada 5 dosen ahli sebagai validator ahli evaluasi pendidikan kurikulum PAUD dan motorik kasar anakuntuk menentukan kelayakan dan validitas instrumen.Dari 38 item instrumen yang melalui uji validasi ahli terdapat 27 itemberada pada rentang prosentase 76%-100% sehingga dinyatakan sangat valid . Sedangkan sisanya sebanyak 11 item memiliki rentang prosentase 51%-75% dinyatakan valid . Namun dengan adanya kritik saran masukanserta diskusi dengan para ahli maka terdapat beberapa item yang mengalami revisi agar memenuhi tingkat keobjektifan intrumen. Uji coba lapangan dilakukan kepada 95 guru yang berasal dari 15 sekolah TK di kota Malang untuk mendapatkan data kepraktisan produk menunjukkan 39 item valid dengan hasil perolehan skor kepraktisan total 1979 dengan prosentase keseluruhan sebanyak 87% sehingga instrumen asesmen motorik kasar anak usia 5-6 tahun ini dinyatakan sangat praktis . Dengan demikian instrumen asesmen motorik kasar anak usia 5-6 tahun telah teruji validitas dan kepraktisannya. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan uji reliabilitas serta uji coba lapangan dalam skala luas agar instrumen asesmen benar-benar dapat dimanfaatkan dengan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8323 |
Actions (login required)
View Item |