Pengembangan media pohon warna dalam pembelajaran tema tanaman untuk usia 4-5 tahun / Qurrota A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pohon warna dalam pembelajaran tema tanaman untuk usia 4-5 tahun / Qurrota A'yun

A'yun, Qurrota (2016) Pengembangan media pohon warna dalam pembelajaran tema tanaman untuk usia 4-5 tahun / Qurrota A'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yun Qurrota. 2016. Pengembangan Media Pohon Warna dalam Pembelajaran Berbicara Tema Tanaman untuk Usia 4-5 Tahun. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M. Hum (II) Evania Yafie S. Pd M. Pd. Kata Kunci Media Pohon Warna Pembelajaran Berbicara Bahasa merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan anak. Anak mempelajari bahasa dengan berbagai cara yakni menyimak berbicara meniru mengkeskpresikan dan mengkomunikasikannya pada orang lain. Pembelajaran berbicara pada anak membutuhkan media. Media pohon warna merupakan media tiruan (imitasi) yang berbentuk pohon untuk menumbuhkan pengetahuan anak tentang macam-macam warna. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk untuk dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran kemampuan bahasa aspek berbicara pada tema tanaman yang menarik mudah dilakukan anak dan tepat sehingga layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick Carey. Prosedur pengembangan Media Pohon Warna yaitu pada hanya sampai pada tahap ke sembilan karena telah melewati proses untuk menentukan kelayakan produk bahan material dan rancangan desain melalui revisi dan evaluasi rancangan hingga proses sudah dianggap selesai dan dinyatakan valid. Berdasarkan uji formatif dari ahli bahasa diperoleh persentase kevalidan sebesar 88 3% ahli media 79 4% dan ahli materi pembelajaran 90%. Kemudian analisis data uji lapangan kelompok besar diperoleh hasil pengembangan yaitu (1) kemudahan 91 25% (2) kemenarikan 97% (3) ketepatan 87 5% (4) keberhasilan anak pada aspek berbicara sebesar 91 25%. Berdasarkan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media pohon warna dikategorikan sangat valid yaitu dapat digunakan tanpa revisi. Disarankan kepada guru dan peneliti lain untuk mengkaji efektifitas pengembangan media pohon warna ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8320

Actions (login required)

View Item View Item