Peningkatan keterampilan membaca kata sederhana menggunakan media flash card pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar / Raeh Niken Baghiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca kata sederhana menggunakan media flash card pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar / Raeh Niken Baghiroh

Baghiroh, Raeh Niken (2016) Peningkatan keterampilan membaca kata sederhana menggunakan media flash card pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar / Raeh Niken Baghiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baghiroh Raeh Niken. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Kata Sederhana Menggunakan Media Flash Card Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Cerah Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Suwarti S.Pd M.Pd Kata Kunci keterampilan membaca kata media flash card anak usia dini. Berdasarkan observasi yang dilakukan di PAUD Cerah Kota Blitar pada anak usia 3-4 tahun diketahui bahwa keterampilan membaca kata sederhana anak belum berkembang. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan observasi dari 6 anak hanya 1 anak yang bisa membaca kata sederhana dengan persentase 16% kriteria keberhasilan kurang. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan penerapan media flash card untuk meningkatkan keterampilan membaca kata sederhana pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar 2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca kata sederhana menggunakan media flash card pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu anak usia 3-4 tahun dari PAUD Cerah Kota Blitar sebanyak 6 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru lembar observasi aktivitas anak lembar observasi kemampuan membaca kata sederhana dan catatan lapangan. Menerapkan media flash card dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) flash card yang sudah disusun dipegang setinggi dada dan menghadap ke depan anak 2) cabut satu persatu secara alur maju 3) berikan flash card yang telah diterangkan 4) anak disuruh untuk mengamati flash card yang sudah diberikan 5) letakkan flash card secara acak 6) guru memberikan perintah untuk mencari kata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran keterampilan membaca kata sederhana melalui media flash card. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian kemampuan membaca kata sederhana anak pada siklus I sebesar 24 5% kriteria ketuntasan kurang. Pada siklus II kemampuan membaca kata sederhana anak sebesar 83 33% kriteria ketuntasan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca kata sederhana pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Cerah Kota Blitar sehingga disarankan 1) Bagi guru PAUD hendaknya mencoba menggunakan media flash card dalam belajar membaca kata sederhana 2) Bagi sekolah agar kemampuan bahasa dalam hal membaca anak meningkat maka sebaiknya sekolah menyediakan berbagai media pembelajaran yang mendukung contohnya media flash card. Media flash card merupakan media yang sangat praktis dan mudah dibuat dan 3) Bagi peneliti berikutnya disarankan penelitian menggunakan media flash card diharapkan kelak digunakan sebagai penelitian selanjutnya untuk mengembangkan aspek kognitif sosial emosional fisik motorik kususnya aspek bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item