Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang / Ayu Dwi Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang / Ayu Dwi Jayanti

Jayanti, Ayu Dwi (2016) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran pada kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang / Ayu Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Jayanti Ayu. 2016. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran pada Kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata kunci pendekatan saintifik pembelajaran kelompok B. Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai Implementasi Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran pada kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang yang masih memerlukan adaptasi. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik masih belum sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat. Begitu juga dengan penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang masih sangat rancu. Penilaian menuntut guru harus melakukan penilaian lebih banyak. Guru masih belum melakukan penilaian sesuai ketentuan yang ada pada pedoman Kurikulum 2013 PAUD. Kelompok B usia 5-6 tahun merupakan tahapan pada masa keemasan (golden age) dimana anak dengan cepat menangkap pembelajaran sesuai dengan apa yang dilihat didengar dan diketahui sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan penilaian dan temuan-temuan masalah/kendala yang dihadapi pada saat melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada Implementasi Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran pada kelompok B TK Kartika IX-41 Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan selebihnya seperti dokumen dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik oleh guru ditemukan beberapa fakta antara lain (1)format RPP sesuai dengan komponen RPP pada pedoman Kurikulum 2013 PAUD (2)guru belum mengorganisasiakn materi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan sikap pengetahuan dan keterampilan (3)guru tidak melaksanakan kegiatan menarik kesimpulan dan menyampaikan informasi besok terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan pada kegiatan penutup (4)guru tidak melampirkan bentuk format penilaian untuk menentukan penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan (5)guru tidak mencantumkan indikator yang akan dinilai pada lembar penilaian harian anak (6)guru memberikan pembelajaran calistung tidak sesuai porsi pada anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka disarankan bagi (1)kepala sekolah untuk mengadakan pelatihan penyusunan RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (2)guru untuk meningkatkan kegiatan mengkomunikasikan agar kemampuan berbicara dan keberanian anak lebih terlatih (3)peneliti lain untuk mengembangkan penelitiannya tentang kegiatan mengkomunikasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8312

Actions (login required)

View Item View Item