Pengaruh saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Vario 125 menggunakan ECU programable BRT juken 5 / Khoirur Rohman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Vario 125 menggunakan ECU programable BRT juken 5 / Khoirur Rohman

Rohman, Khoirur (2019) Pengaruh saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Vario 125 menggunakan ECU programable BRT juken 5 / Khoirur Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohman Khoirur. 2019. Pengaruh Saat Pengapian dan Durasi Penyemprotan Bahan Bakar Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Vario 125 Menggunakan ECU Programable BRT Juken 5. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Marji M.Kes. (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci saat pengapian durasi penyemprotan bahan bakar daya emisi gas buang Semakin parahnya kerusakan lingkungan dewasa ini merupakan akibat dari dampak polusi udara yang semakin meningkat kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor merupakan penyumbang 70% dari polusi udara total yang menimbulkan dampak kerusakan pada lingkungan. Lebih dari 5 juta unit kendaraan di jalan raya menimbulkan emisi gas buang yang mengakibatkan polusi udara. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi polusi udara yang dikeluarkan oleh sepeda motor adalah saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar yang tidak tepat. Penyetelan yang tidak tepat tersebut tidak hanya berdampak pada polusi udara namun daya yang di hasilkan juga tidak akan maksimal. Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan variasi penyetelan saat pengapian terhadap daya (2) mengetahui variasi penyetelan saat pengapian terhadap terhadap emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) (3) mengetahui perbedaan variasi penyetelan durasi injeksi terhadap daya (4) mengetahui perbedaan variasi penyetelan durasi injeksi terhadap emisi gas buang karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC). Metode peneletian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimental dengan menggunakan uji analisis data ANOVA dengan prasyarat data tersebut telah diuji normalitas dan homogenitas. Analisis ANOVA meliputi penjelasan tentang seberapa besar perbedaan penyetelan variasi saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar dibandingkan dengan kondisi yang normal terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor. Penelitian ini dilakukan di AHAS Asia Motor Pakisaji untuk uji daya dan Laboratorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang untuk uji emisi gas buang dengan pengambilan data pada putaran mesin 3000 - 9000 rpm dengan kelipatan 500 rpm untuk daya dan 1250 9250 rpm dengan kelitapan 1000 untuk emisi. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan dari penyetelan variasi saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar memberikan efek terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor. Pada variasi saat pengapian daya tertinggi dihasilkan jika saat pengapian dimajukan ( 2o) namun jika saat pengapian terlalu maju ( 4o) daya yang di hasilkan akan turun sedangkan emisi gas buang terrendah dihasilkan jika saat pengapian di mundurkan (-4o). Pada variasi durasi penyemprotan bahan bakar daya tertinggi dihasilkan jika durasi penyemprotan bahan bakar dinaikkan ( 4%) sedangkan emisi gas buang terrendah dihasilkan jika durasi penyemprotan bahan bakar di diturunkan (-4%). Bagi masyarakat penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi mengenai variasi penyetelan saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar guna menghasilkan daya yang maksimal serta memiliki kandungan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Bagi peneliti penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dan bacaan mengenai bidang otomotif khususnya informasi tentang pengaruh saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor honda vario 125. Bagi Mahasiswa penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam kegiatan belajar mengenai pengaruh saat pengapian dan durasi penyemprotan bahan bakar terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor honda vario 125.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83105

Actions (login required)

View Item View Item