Partisipasi industri dalam pelaksanaan kelas kerjasama Astra Daihatsu di SMKN 11 Malang / Moh. Abd Rohim - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi industri dalam pelaksanaan kelas kerjasama Astra Daihatsu di SMKN 11 Malang / Moh. Abd Rohim

Rohim, Moh. Abd (2019) Partisipasi industri dalam pelaksanaan kelas kerjasama Astra Daihatsu di SMKN 11 Malang / Moh. Abd Rohim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Moh Abd Rohim. 2019. Partisipasi Industri dalam Pelaksanaan Kelas Kerjasama Astra Daihatsu di SMKN 11 Malang. Skripsi Jurusan Tenik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Paryono. S.T . M.T. (2) Dr. H. Agus Sholah. MPd. Kata Kunci kelas industri danpartisipasi Industri Kelas industri Astra Daihatsu adalah suatu progra pembelajaran yang dilakukan oleh SMK yang melibatkan Industri dalam proses pembelajarannya kelas industri adalah suatu kelas khusus yang mengabungkan dunia pendidikan dengan dunia industri yang bertujuan untuk meningkatkan mutu siswa SMK. Selain itu tujuan dibentuknya kelas industi untuk mengoptimalkan lulusan SMK untuk siap menjadi tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan indutri. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu sekolah yang menginginkan peningkatan mutu siswa maka diperlukan suatu kerjasama dengan industri guna mengoptimalkan lulusan SMK yang sesuai dengan kebutuhan industri. Dalam membangun kerjasam dengan industri harus melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan. Pemilihan SMKN 11 Malang sebagai tempat penelitian karena SMKN 11 Malang telah memiliki kepercayaan untuk menjalankan kelas industri Astra Daihatsu di kota Malang dan satu-satunya SMK negeri yang ikut kelas industri PT Astra Daihatsu di Malang. Oleh karna itu peneliti dirancang untuk mengetahui.(1) persaratan dalam menjalankan kelas Astra Daihatsu (2) Partisipasi industri dalam pelaksanaan kelas kerja sama dengan industri Astra Daihatsu (3) kelebihan dalam pelaksanaan kelas industri Astra Daihatsu di SMKN 11 Malang dan (4) kekurangan dalam pelaksanaan kelas Astra Daihatsu.di SMKN 11 Malang. Partisipasi industri dalam pendidikan adalah suatu bentuk keperdulian industri dalam ikut serta meningkatkan mutu pendidikan selain itu juga sebagai penilai perkembangan peserta didik di SMK. Dibentuknya kelas industri akan menjadi penting karena yang memakai lulusan SMK nantinya adalah industri dan industri juga ikut berperan dalam pembelajaran di SMK. Penelitian ini dilakukan denganmengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan setudikasus subyek penelitian dipilih berdasarkan purposir sampling yaitu (1) kepalah sekolah SMKN 11 Malang (2) wakil kepala SMKN 11 Malang bidang Kurikulum (3) kepalah sekolah SMKN 11 Malang wakil kepala SMKN 11 Malang bidang hubungan masyarakat (4) kepala program teknik kendaraan ringan SMKN 11 Malang dan (5) indutri Astra Daihatsu. Teknik pengambilan data mengunakan wawancara dokumentasi dan opservasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan tragulasi dari segi sumber metode dan teori. Hasil penelitian ditemukan bahwa. (1) dalam pelaksanaan kelas industri pihak sekolah harus memenuhi persyaratan dari industri salah satunya setandarisasi sarana dan prasarana sesuai dengan setandar industri dan guru pengajar yang bersertifikat industri (2) patisipasi industri dalam pelaksanaan kelas kerjasama yaitu (a) industri memberikan sertifikasi industri kepada SMK (b) Memberikan pelatian kepada guru kelas industri (c) Memberikan kurikulum industri (d) Memberikan tempat praktik industri kepada siswa dan (e) Memberikan tempat lulusan dari industri. (3) Kelebihan dalam melaksanakan kelas industri adalah (a) terbentuknya guru produktif yang berkompeten (b) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa (c) meningkatkan kuwalitas pembelajaran (d) memiliki media praktikum yag sesuai setandar industri (e) memberikan peluang lulusan SMK di dunia Industri. (4) kekurangan dalam pelaksanaan kelas industri salah satunya jam pembelajaran praktinkum dan kompetensi yang lebih panjang panjang . Hasil penelitia ini dapat dijadikan rujukan oleh SMK yang belum melakukan kerjasma industri. Saran yang diberikan penulis (1) Sekolah Menengan Kejuruan yang belum melakukan kerjasam industri disarankan untuk membentuk kerjasama industri (2) Bagi industri diharapkan untuk dapat membuka peluang yang lebih lebar untuk sekolah menenga kejuruan yang akan memulai kerjasam industri (3) Bagi pemerintah diharapkan bisa memberikan motifasi kepada SMK untuk melakukan kerjasama industri dengan memberikan kemudahan dalam mengurus perizinan (4)uiniversitas negeri malang diharapkan bisa tetap melakukan penelitian tentang pendidikan yang sejeis dalam rangka menciptakan iklim pembelajaran yang terpadu dan terintegrasi dan (5) Mahasiswa diharapkan untuk dapat memperdalam pembahasan penelitian dalam penelitian ini untuk menjadikan penelitian tunggal. Hal ini dimaksud agar mendapatkan informasi yang lebih kongkrit terkait model pembelajaran kerjasama khususnya pembelajaran di kelas kerjasama industri yang dilakukan di SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83104

Actions (login required)

View Item View Item