Pola interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran kelas XI di SMKN 10 Malang / Rizal Lemanio Pamungkas

Pamungkas, Rizal Lemanio (2019) Pola interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran kelas XI di SMKN 10 Malang / Rizal Lemanio Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lemanio, Rizal, 2019. Pola Interaksi Antara Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Kelas XI di SMKN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Partono S.Pd M.Pd (2) Drs. Drs. Sumarli, M.Pd, M.T. Kata Kunci: pola innteraksi, proses pembelajaran Pola interasksi merupakan suatu cara, model, dan bentuk-bentuk interaksi yang saling memberikan pengaruh dan mempengaruhi dengan adanya timpal balik guna mencapi tujuan. Guru sebagai pengajar memiliki peran penting untuk dapat mengatur jalannya kegiatan belajar mengajar melalui pola interaksi dimana guru berperan sebagai pemberi aksi melalui pengajaran dan juga bisa menjadi penerima aksi melalui pertanyaan-pertayaan yang diajukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi antara guru dan siswa yang digunakan dalam proses pembelajaran di Kelas XI di SMKN 10 Malang. Hal ini dapat diketahui melalui kegiatan study kasus atau observasi pada kegiatan pembelajaran secara langsung di dalam kelas pembelajaran. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan kegiatan observasi dan pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran oleh guru pada siswa di dalam kelas dengan dipandu oleh lembar penilaian yang akan membantu dalam merekap ciri-ciri jenis interaksi yang muncul dalam proses kegiatan pembelajaran. Data yang telah terkumpul kemudian akan dianalisa dan disusun sesuai dengan alur kegiatan pembelajaran untuk menentukan seberapa sering suatu jenis atau pola interaksi digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telahh dilakukan, menunjukkan bahwa kompetensi kelompok guru pengajar di kelas XI SMKN 10 Malang, menggunakan ketiga jenis pola interaksi yang ada pada setiap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi satu arah lebih sering digunakan pada kegiatan pendahuluan hingga awal kegiatan inti.untuk pola interaksi dua arah terjadi pada kegiatan inti saat guru menginjak pada sub materi. Sedangkan pola interaksi multi arah cenderung lebih sering digunakan saat guru mulai memberikan tugas-tugas pada para siswa seperti merangkum dan menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83101

Actions (login required)

View Item View Item