Pengembangan media Fun Magnetic Alphabet dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK / Rahmatika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media Fun Magnetic Alphabet dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK / Rahmatika

Rahmatika (2016) Pengembangan media Fun Magnetic Alphabet dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK / Rahmatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmatika.2016. Pengembangan Media Fun Magnetic Alphabet DalamPembelajaranMembacaPermulaanPadaAnakUsia 5-6 Tahun di TK. Skripsi Program StudiPendidikan Guru PendidikanAnakUsia Dini JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. KentarBudhojo M.Pd (II) EnyNurAisyah S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Fun Magnetic Alphabet MembacaPermulaan Media Fun Magnetic Alphabet merupakansalahsatu media yang digunakanuntukmembacapermulaan di TK. Hasilanalisiskebutuhan di TK Muslimat NU 14 Malang salahsatukegiatanpengembanganbahasaadalahmembacapermulaan kegiatanbiasanyadilakukanmenggunakantulisan-tulisan di papantulis LK dankartu kata yang disusun di atasmeja. Hal inimembuatanakcepatbosandantidakmemperhatikanpembelajaran. Tujuanpenelitiandanpengembanganadalahuntukmenghasilkanprototype produk media Fun Magnetic Alphabet yang diharapkanmenarik mudahamandan valid digunakananakusia 5-6 tahundalammengembangkankemampuanmemacapermulaan. Model pengembangan yang digunakandalampenelitianadalah model pengembangan Borg and Gall (1983). Prosedurpenelitiandanpengembangan media Fun Magnetic Alphabet inimenggunkantujuhtahapan.Subyekpenelitianadalahanakusia 5-6 tahun (kelompok B) di TK Muslimat NU 14 Malang. Data penelitianiniberupa data kualitatifdankuantitatif. Pengumpulan data dilakukandenganteknikwawancara observasi danpengumpulankuisioner. Instrumenpengumpulan data yang digunakanadalahlembarwawancara observasi dankuisioner. Hasilpenelitiandanpengembanganberdasarkanhasilevaluasiahlipembelajarandanbahasasebesar 88 33% ahli media pembelajaransebesar 78 57% ahlipraktisipembelajaransebesar 95% hasilujicobakelompokkecil 100% danhasilujicobakelompokbesarsebesar 98 60%. Kesimpulanpenelitiandanpengembangan media Fun Magnetic Alphabet untukmengembangkankemampuanmembacapermulaananaktermasukkategorisangattinggidanlayakdigunakan (valid). Diharapkanhasilpenelitiandanpengembangan media Fun Magnetic Alphabet digunakansalahsatualternatif media dalampembelajaranmembacapermulaanoleh guru dandapatdigunakansebagaireferensipengembangan media bagipeneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item View Item