Perbedaan penggunaan pegas kopling custom dan pegas kopling standart terhadap daya, akselerasi, dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 CC / Adhitya Putra Rahmadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan pegas kopling custom dan pegas kopling standart terhadap daya, akselerasi, dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 CC / Adhitya Putra Rahmadhani

Rahmadhani, Adhitya Putra (2020) Perbedaan penggunaan pegas kopling custom dan pegas kopling standart terhadap daya, akselerasi, dan efisiensi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 CC / Adhitya Putra Rahmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Adhitya. 2019. Perbedaan Penggunaan Pegas Kopling Custom dan Pegas Kopling Standart Terhadap Daya Akselerasi dan Efisiensi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor SOHC 110 CC. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarli S.T M.T. (II) Erwin Komara Mindarta S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pegas Kopling Daya Akselerasi Efisiensi Bahan Bakar Pegas kopling custom memiliki fungsi yang sama dengan pegas kopling lainya akan tetepi dalam segi hal kekuatan pegas kopling custom memiliki keunggulan dalam segi kekuatan pegasnya yaitu 30 kg/cm2. Dengan perbedaan pada kekuatan pegas banyak yang beranggapan dapat menambah daya dan akselerasi yang dihasilkan menjadi lebih baik yang juga berakibat pada efesiensi bahan bakar dimana itu merupakan akibat dari berkurangnya slip kopling yang terjadi disaat perpindahan gigi kopling. Penilitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan kekuatan pegas koping custom terhadap daya pada sepeda motor SOHC 110 cc. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pegas kopling custom terhadap akselerasi sepeda motor SOHC 110 cc . (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pegas kopling custom terhadap efesiensi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 cc. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quast Experiment untuk mendapatkan data yang dimana Quast Experiment merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk meramalkan dan menjelaskan hal-hal yang terjadi atau yang akan terjadi. Dimana variabel bebasnya adalah kekuatan dari pegas kopling. Data yang diambil adalah mulai putaran mesin 3000 rpm hingga 8000 rpm. Kemudian dianalisis menggunakan metode Paired t test yang dibantu oleh SPSS 20 for Windows. Berdasarkan data dari pengujian daya mesin menggunakan pegas kopling custom memiliki daya yang lebih tinggi daripada pegas kopling standart pada rentan putaran mesin 3000 hingga 8000 rpm. Untuk efisiensi bahan bakar pada pegas kopling custom lebih besar penggunaan bahan bakarnya daripada pegas kopling standart. Dan untuk akselerasi pada penggunaan pegas kopling custom tidak terlalu menunjukkan perbedaan pada proses akselerasinya dengan pegas kopling standart. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan pegas kopling custom terhadap daya mesin yang dihasilkan. Pada efesiensi bahan bakar mengalami kenaikan yang signifikan seiring bertambahnya daya mesin.Sedangkan untuk akselerasi tidak ditemukannya perbedaan yang signifikan pada penggunaan pegas kopling custom .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83098

Actions (login required)

View Item View Item