Perbedaan penggunaan roller rocker arm terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 cc / Firman Ardiansyah

Ardiansyah, Firman (2020) Perbedaan penggunaan roller rocker arm terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor SOHC 110 cc / Firman Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Firman. 2019. Perbedaan Penggunaan Roller Rocker Arm Terhadap Daya dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor SOHC 110 CC. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Paryono, S.T, M.T., (II) Erwin Komara Mindarta, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Roller Rocker Arm, Daya, dan Konsumsi Bahan Bakar Roller rocker arm pada dasarnya memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan rocker arm pada umumnya, namun banyak yang beranggapan dengan memodifikasi rocker arm menjadi roller rocker arm dapat menambah daya mesin dikarenakan lebih mengurangi gesekan pada katup yang dapat mengakibatkan komponen terkikis. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui perbedaan antara penggunaan rocker arm tipe sepatu dengan roller rocker arm terhadap daya pada varian putaran mesin. (2) Mengetahui perbedaan antara penggunaan rocker arm tipe sepatu dengan roller rocker arm terhadap konsumsi bahan bakar pada varian putaran mesin pada sepeda motor SOHC 110 cc Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quast Experiment untuk mendapatkan data, yang dimana Quast Experiment merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk meramalkan dan menjelaskan hal-hal yang terjadi atau yang akan terjadi. Dimana variabel bebasnya adalah rocker arm tipe standart dan rocker arm tipe roller. Data yang diambil adalah mulai putaran mesin 3000 rpm hingga 8000 rpm. Kemudian dianalisis menggunakan metode Paired t test yang dibantu oleh SPSS 20 for Windows. Berdasarkan data hasil pengujian daya mesin menggunakan rocker arm standart memiliki nilai daya yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan roller rocker pada putaran mesin 3500 rpm sampai 8000 rpm. Konsumsi bahan bakar pada mesin yang menggunakan roller rocker arm pada putaran 3500 rpm – 8000 rpm lebih besar apabila dibandingkan dengan menggunakan rocker arm standart. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dengan penggunaan roller rocker arm terhadap daya yang dihasilkan mesin. Sedangkan pada konsumsi bahan bakar mengalami kenaikan seiring bertambahnya daya mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83096

Actions (login required)

View Item View Item