Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 / Bagus Setyawan

Setyawan, Bagus (2020) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 / Bagus Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyawan, Bagus. 2019. Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru dan Pengalaman KPL terhadap Kesiapan Menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Partono, M.Pd., (2) Dr. H. Agus Sholah, M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Pengalaman KPL, Kesiapan Menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. 2) untuk mengetahui pengaruh pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. 3) untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2015 yang sudah menempuh matakuliah KPL yang terdiri dari 3 offering dengan jumlah total 75 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 75 mahasiswa dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data yaitu berupa kuesioner. Hasil penelitian: 1) persepsi mahasiswa tentang profesi guru mempunyai pengaruh posistif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. Nilai koefisien regresi sebesar 0,896. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (5,618 > 1,669). 2) pengalaman KPL mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. Nilai koefisien regresi sebesar 0,810. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (8,591 > 1,669). 3) persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan pengalaman KPL secara simultan mempunyai pengaruh posistif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0. Hasil analisis pada uji F (uji simultan) menunjukkan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (50,369 > 3,12).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83095

Actions (login required)

View Item View Item