Pengaruh penggunaan katalis berbahan tembaga dan kuningan berbentuk sponge steel terhadap emisi gas CO dan HC pada sepeda motor 110 CC / Viko Andrianto

Andrianto, Viko (2020) Pengaruh penggunaan katalis berbahan tembaga dan kuningan berbentuk sponge steel terhadap emisi gas CO dan HC pada sepeda motor 110 CC / Viko Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andrianto, Viko. 2019. Pengaruh Penggunaan Katalis Berbahan Tembaga dan Kuningan Berbentuk Sponge Steel Terhadap Emisi Gas CO dan HC pada Sepeda Motor 110 cc. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Imam Muda Nauri, ST. M.T., (II) Windra Irdianto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Catalytic Converter, Tembaga, Kuningan, Sponge Steel, Emisi Gas Buang Meningkatnya polusi udara sebagian besar dipengaruhi adanya gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Polusi yang dihasilkan gas buang kendaraan bermotor mencapai antara 60-70%. Emisi gas buang (CO) merupakan salah satu dari emisi gas buang yang berbahaya yang dapat menimbulkan pusing, mual, gangguan penafasan dan bahkan dapat membuat orang meninggal dunia apabila terlalu banyak menghirup gas tersebut. Salah satu cara untuk mengurangi emisi yang ditimbulkan kendaraan bermotor yaitu dengan pemasangan katalitik konventer pada kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan katalis berbahan tembaga dan kuningan berbentuk sponge steel terhadap emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor 110 cc. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen atau eksperimen semu. Analisi data hasil penelitian yaitu dengan menggunakan one way anova dengan menggunakan sotware IBM spss 24 windows. Pengambilan data emisi yaitu mulai rpm 2500-6500 dengan kenaikan 500 rpm. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui (1) Katalis berbahan tembaga berbentuk Sponge Steel berpengaruh terhadap emisi gas CO. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji normalitas didapat nilai koefisien p sebesar 0,492 dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan katalis berbahan tembaga terhadap emisi gas CO. (2) Katalis berbahan tembaga berbentuk Sponge Steel berpengaruh terhadap emisi gas HC. Dari hasil analisis uji normalitas didapat nilai koefisien p sebesar 0,947 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan katalis berbahan tembaga terhadap emisi gas HC. (3) Katalis berbahan kuningan berbentuk Sponge Steel berpengaruh terhadap emisi gas CO. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan nilai koefisien p sebesar 0,307 dan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan katalis berbahan kuningan terhadap emisi gas CO. (4) Katalis berbahan kuningan berbentuk Sponge Steel berpengaruh terhadap emisi gas HC. Hasil analisis uji normalitas menunjukkan nilai koefisien p sebesar 0,549 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh penggunaan katalis berbahan kuningan terhadap emisi gas HC. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan katalis berbahan tembaga dan kuningan terhadap emisi gas CO dan HC pada sepeda motor 110 cc. Dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut, misalnya penggunaan katalis berbahan tembaga dan kuningan sebagai upaya untuk menurunkan emisi dengan model dan bahan yang berbeda dan dengan variasi temperatur yang berbeda karena temperatur mempengaruhi laju reaksi senyawa, serta variasi luas dan tebal katalis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83094

Actions (login required)

View Item View Item