Hubungan kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dan hasil belajar prakerin terhadap motivasi wirausaha di teknik kendaraan ringan SMKN 6 Malang / Ahmad Padhlillah

Padhlillah, Ahmad (2020) Hubungan kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dan hasil belajar prakerin terhadap motivasi wirausaha di teknik kendaraan ringan SMKN 6 Malang / Ahmad Padhlillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Padhlillah, Ahmad. 2019.Hubungan Kompetensi Siswa Teknik Kendaraan Ringan Dan Hasil Belajar Prakerin Terhadap Motivasi Wirausaha DI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd., (I I) M.Ihwanudin, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Siswa Teknik Kendaraan Ringan, Hasil Belajar, Motivasi Wirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dengan motivasi wirausaha di teknik kendaraan ringan SMK Negeri 6 Malang, (2) untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar prakerin dengan motivasi wirausaha di teknik kendaraan ringan SMK Negeri 6 Malang, (3) untuk mengetahui hubungan antara kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dan hasil belajar prakerin dengan motivasi wirausaha di teknik kendaraan ringan SMK Negeri 6 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto dengan subjek siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif tahun ajaran 2019 – 2020 sebanyak 84 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuisoner. Teknik sampling menggunakan simple random sampling yang dilakukan dengan cara undian yang didalamnya sudah ditulis kode R sebagai responden dan kode NR yang berarti bukan sebagai responden. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis data menggunakan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dan hasil belajar prakerin dengan motivasi wirausaha siswa kelas XII SMKN 6 Malang tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian untuk hipotesis ketiga bertujuan untuk mengetahui signifikansi korelasi antara Kompetensi Siswa Teknik Kendaraan Ringan (X1) dan Hasil Belajar Prakerin (X2) secara bersama-sama dengan Motivasi Wirausaha (Y). Pengujian hipotesis ketiga ini menggunakan uji F. Harga Fhitung berdasarkan analisis 6,525. Nilai ini lebih besar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,11. Hal ini berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi siswa teknik kendaraan ringan dan hasil belajar prakerin secara bersama – sama dengan motivasi wirausaha siswa kelas XII SMKN 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83093

Actions (login required)

View Item View Item