Pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar sistem rem siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan chassis sepeda motor di SMK Negeri 11 Malang / Isa Mohamad Rohman

Rohman, Isa Mohamad (2020) Pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar sistem rem siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan chassis sepeda motor di SMK Negeri 11 Malang / Isa Mohamad Rohman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohman, Isa Mohamad. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Sistem Rem Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sistem Chasiss Sepeda Motor Di SMK Negeri 11 Malang. Pembimbing: (1) Drs. Partono, M.Pd (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, SE, M.M., M.Pd . Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Sistem Rem, Pemeliharaan Sistem Chasiss Sepeda Motor. Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar sistem rem siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan sistemmchasiss sepeda motor diiSMK Negeri 11 Malang yang menggunakan model pembelajaran STAD. (2) Untuk mengetahui hasillbelajar sistem rem siswaakelas XI padaamata pelajarannsistem chasiss sepedaamotor diiSMK Negeri 11 Malang yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (3) Untukkmengetahui apakah adaaperbedaan hasillbelajar sistem rem yang signifikannantara siswaakelas XI0yang menggunakan modellpembelajaran STADDdengan model pembelajarannkonvensional padaamata pelajarannsistem chasiss sepedaamotor diiSMK Negeri 11 Malang. Model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan sintaks : Pengarahan, pembuatan kelompok heterogen (4-5 orang). Hasil belajar merupakan tingkat penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam mengikuti program belajar mengajar, sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan eksperimental semu (quasy eksperimental design). Subjek pada penelitian ini yaitu pada kelas XI TBSM 1 dan XI TBSM 2 yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (multiple choice). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T (independent sample T test). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai sig = 0,008 < 0,05 dengan demikian maka H0 ditolak dan HI diterima. Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas konvensional dan kelas STAD (Student Team Achievement Division). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari pada yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dikarenakan didalam model pembelajaran STAD terdapat proses pembelajaran kelompok,presentasi,kuis,dan pemberian penghargaan/reward yang dapat membuat siswa semangat dalam belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dapat dikatakan lebih efektif dibandingkan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 73,27 sedangkan nilai rata-rata pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD sebesar 82,22.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83092

Actions (login required)

View Item View Item