Pengaruh perubahan sudut camshat (LSA) terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 CC / Fajar Wahyudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh perubahan sudut camshat (LSA) terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 CC / Fajar Wahyudi

Wahyudi, Fajar (2019) Pengaruh perubahan sudut camshat (LSA) terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 CC / Fajar Wahyudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyudi Fajar. 2019. Pengaruh Perubahan Sudut Camshaft (LSA) Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z 110 CC. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono S.T. M.T. (II) Fuad Indra Kusuma S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Sudut Camshaft Daya Mesin Emisi Gas Buang Perkembangan industri otomotif sangatlah cepat dengan disertai jumlah kendaraan bermotor yang setiap tahun meningkat. Disamping dengan perkembangan industri otomotif tentunya memodifikasi kendaraan roda dua pun cukup banyak diminati. Salah satunya dengan merubah sudut Camshaft yang bertujuan menghasilkan performa mesin yang optimal. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut Camshaft (LSA) terhadap daya pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc (2) Untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut Camshaft (LSA) terhadap emisi gas buang CO pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc Untuk mengetahui pengaruh perubahan sudut Camshaft (LSA) terhadap emisi gas buang HC pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110 cc. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quast Experiment. Dimana variabel bebasnya adalah variasi sudut Camshaft (LSA) yaitu LSA 1040 (standart) LSA 1020 dan LSA 1060. Data yang diambil mulai dari 3000 rpm hingga 8000 rpm dengan kenaikan 500 rpm. Kemudian statistic parametric dengan menggunakan metode Paired t test digunakan untuk menganalisis data yang dibantu oleh SPSS 20 for windows. Berdasarkan data pengujian daya terbesar terdapat pada Camshaft dengan sudut LSA 1060 dengan daya maksimum 9 18 Hp dan daya minimum 3 16 Hp. Peningkatan kadar emisi gas buang CO terbesar terjadi pada Camshaft dengan sudut LSA 1040 dengan peningkatan 0 04% vol. Di sisi lain kadar emisi gas buang HC terbesar terjadi pada Camshaft dengan sudut LSA 1060 dengan peningkatan sebesar 9 2 ppm vol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan daya yang signifikan dengan penggunaan variasi sudut Camshaft LSA 1040 (standart) LSA 1020 dan LSA 1060. Sedangkan pada pengujian emisi gas buang CO dan HC perbedaan yang signifikan penggunaan variasi sudut Camshaft LSA 1040 (standart) LSA 1020 dan LSA 1060.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83091

Actions (login required)

View Item View Item