Pengaruh diameter header knalpot terhadap daya kebisingan pada motor Yamaha Jupiter MX tahun 2012 / Naufal Iqbal Maulana

Maulana, Naufal Iqbal (2019) Pengaruh diameter header knalpot terhadap daya kebisingan pada motor Yamaha Jupiter MX tahun 2012 / Naufal Iqbal Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana, Naufal Iqbal. 2019. Pengaruh Diameter Header Knalpot Terhadap Daya Dan Kebisingan Pada Motor Yamaha Jupiter MX tahun 2012. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E., M.Pd., M.M., (II) Fuad Indra Kusuma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : diameter Header Knalpot, daya, kebisingan. Pada kendaraan bermotor khususnya pada mesin pembakaran dalam memiliki saluran buang yang berfungsi menyalurkan gas sisa pembakaran. Gas sisa pembakaran menghasilkan suara bising yang ditimbulkan dari ledakan pada proses pembakaran. Header adalah komponen bagian depan knalpot yang berfungsi untuk menjaga tekanan pembuangan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh daya antara sepeda motor yang menggunakan diameter header knalpot yang berbeda pada motor Yamaha Jupiter MX Tahun 2012. (2) Untuk mengetahui Apakah ada pengaruh kebisingan motor yang menggunakan diameter header knalpot yang berbeda pada motor Yamaha Jupiter MX Tahun 2012. Header memiliki peranan penting dalam mengalirka gas sisa pembakaran, desain dari header dipengaruhi oleh diameter pipa, panjang, dan geometri, kemudian dari hal tersebut dapat mempengaruhi daya. Kebisingan merupakan bunyi yang tidak di inginkan yang dihasilkan dari kegiatan operasional, yang dapat dicontontohkan seperti suara yang dihasilkan mesin, knalpot, serta gesekan antara roda dan jalan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian experimental. Dimana variabel bebasnya adalah variasi diameter header yaitu: diameter header 17 mm, 19 mm (standart), 21 mm. Sedangkan variabel terikatnya daya dan kebisingan. Data yang diambil mulai dari 2500 rpm hingga 8500 rpm dengan kenaikan 1000 rpm, kemudian menggunakan metode one way anova digunakan untuk menganalisa data yang dibantu oleh SPSS 25 untuk windows. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil daya terbesar pada diameter header 21 mm dengan daya maksimum 14,23 HP sedangkan daya minimum 3,99 HP. Kemudian untuk kebisingan tertinggi pada diameter header 17 mm dengan kebisingan maksimum 95,86 dB sedangkan kebisingan minimum 76,53 dB. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini terdapat pengaruh terhadap daya dari penggunaan variasi diameter header knalpot pada Motor Yamaha Jupiter MX Tahun 2012. Sedangkan untuk hasil dari kebisingan terdapat pengaruh dari hasil penggunaan variasi diameter header pada Motor Yamaha Jupiter MX Tahun 2012.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83090

Actions (login required)

View Item View Item