Pengembangan permainan Gedrik Huruf untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak TK B / Jefry Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan Gedrik Huruf untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak TK B / Jefry Novita Sari

Sari, Jefry Novita (2016) Pengembangan permainan Gedrik Huruf untuk pembelajaran fisik motorik kasar anak TK B / Jefry Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Jefry Novita. Pengembangan Permainan Gedrik Huruf Untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak TK B. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Permainan Gedrik Huruf Fisik Motorik Kasar TK B Kegiatan pembelajaran fisik motorik kasar yang dilakukan di lima TK se-kecamatan Trenggalek menunjukan bahwa anak membutuhkan permainan pembelajaran yang baru dan bervariasi agar pembelajaran fisik motorik kasar lebih menarik dan membuat anak antusias dalam mengikuti pembelajaran fisik motorik kasar. Pembelajaran yang dilakukan selama inikurang bervariatif sehingga menimbulkan rasa bosan dan kurangnya antusias anak dalam mengikuti pembelajaran fisik motorik kasar. Pembelajaran dengan menggunakan permainan gedrik huruf dapat digunakan sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran fisik motorik kasar yang dilakukan di dalam atau di luar ruangan karena permainan ini dapat mengurangi rasa bosan menarik dapat belajar sambil bermain dan pembelaaran lebih menyenangkan bagi anak. Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan produk permainan gedrik huruf yang menyenangkan dalam pembelajaran fisik motorik kasar anak TK B. Penelitianpengembangan inimenggunakan model pengembanganresearch and developmen Borg and Gall yang dimodifikasi oleh peneliti menjadi tujuh langkah yaitu 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data 2) Melakukan perencanaan dan dievaluasi oleh beberapa ahli 3) Mengembangkan bentuk rancangan awal 4) Uji coba kelompok kecil dengan subjek 13 anak 5) Revisi terhadap produk awal 6) uji lapangan utama (kelompok besar) dengan subjek 30 anak 7) Revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang berisi tentang rancangan produk dan produk yang dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil analisis data pada saat penelitian adalah Hasil analisis data pada saat peneltian adalah 93 33% pada kegiatan pertama pada kegiatan kedua diperoleh 83 33% pada kegiatan ketiga diperoleh 80% pada kegiatan keempat memperoleh hasil 90% dan kegiatan kelima memperoleh hasil 86 67%. Berdasarkan data hasil pengembangan permainan gedrik huruf maka dapat disimpulkan bahwa permainan tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran aspek fisik motorik kasar anak TK B. Permainan gedrik huruf ini hendaknya dapat dijadikan alternatif pada pembelajaran fisik motorik kasar anak TK B. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat disebarluaskan dan diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan cakupan lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item