Pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap daya dan intensitas suara pada sepeda motor Honda CS 1 125CC / Nufel Bagas Ichtiar

Ichtiar, Nufel Bagas (2019) Pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap daya dan intensitas suara pada sepeda motor Honda CS 1 125CC / Nufel Bagas Ichtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ichtiar, Nufel Bagas. 2019. Pengaruh Variasi Dimensi Knalpot Racing terhadap Daya dan Intensitas Suara pada Sepeda Motor Honda CS 1 125cc. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Paryono, S.T., M.T. (2) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. Kata kunci: Knalpot Racing, Daya, Intensitas Suara, Berdasarkan input data Badan Pusat Statistik pada tahun 2016, jumlah sepeda motor mencapai 105 juta unit dan pada 2017 meningkat menjadi 113 juta unit. Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti, dapat diketahui sepeda motor yang menggunakan knalpot racing, penggantian knalpot racing diharapkan dapat menaikkan performa motor. Secara umum fungsi dari knalpot adalah untuk saluran pembuangan hasil pembakaran dari silinder ke udara bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap daya yang dihasilkan dan untuk mengetahui pengaruh variasi dimensi knalpot racing terhadap intensitas suara yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dengan analisis data One Way Anova. Pengujian dilakukan pada rpm 1500, 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500, 5000, 5500, 6000, 6500 dan 7000. Untuk pengambilan data daya dan intensitas suara dilakukan dengan dynamometer dan sound level meter, untuk menjaga keabsahan data dilakukan lima kali pengujian tiap rpm pada tiap ukuran dimensi knalpot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari variasi dimensi knalpot racing terhadap (daya) dan intensitas suara sepeda motor HONDA CS 1 125cc. Daya tertinggi dihasilkan oleh knalpot 1 inch, pada Rpm 7000 didapatkan hasil 7,351 HP. Daya terendah dihasilkan oleh knalpot 0,5 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 6,685 HP. Intensitas suara tertinggi dihasilkan oleh knalpot 1 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 89,6 dB. Intensitas suara terendah dihasilkan oleh knalpot 0,5 inch, pada rpm 7000 didapatkan hasil 81,7 dB. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh perubahan daya yang signifikan dikarenakan aliran gas buang yang lancar dan membuat berkurangnya tekanan balik. Tekanan balik dapat membuat efisiensi pembakaran mesin menurun dan berpengaruh terhadap menurunnya daya. Pada penelitian ini juga diperoleh perubahan suara yang signifikan dikarenakan kerapatan medium yang berguna untuk menghantarkan gelombang suara. kepadatan medium (ρ) akan semakin naik bilamana volume (V) semakin kecil. Kerapatan dapat menyebabkan medium udara sulit untuk bergetar (menghantarkan gelombang suara) yang mengakibatkan kecepatan suara menjadi lebih lambat (suara pelan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83089

Actions (login required)

View Item View Item