Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar teknologi dasar otomotif siswa kelas X TKRO di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Muhammad Ntiwose

Ntiwose, Muhammad (2019) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar teknologi dasar otomotif siswa kelas X TKRO di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Muhammad Ntiwose. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ntiwose, Muhammad. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO Di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Agus Sholah, M.Pd, (2) M. Ihwanudin, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Metode Jigsaw, Teknologi Dasar Otomotif, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Negeri 3 Boyolangu, (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik masing-masing kelas yang menggunakan metode Konvensional dan Jigsaw pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di SMK Negeri 3 Boyolangu, (3) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Teknologi Dasar Otomotif di SMK Negeri 3 Boyolangu. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yang menempatkan peserta didik sebagai pemeran utama dan setiap peserta didik mampu bertanggung jawab atas penguasaan satu pembahasan yang sudah dibagian dan kemudian jelaskan kepada anggota lain dalam kelompok. Hasil belajar merupakan komponen penting untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik dalam manerima dan memahami materi pelajaran dikelas. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Quasi Eksperiment. Pengambilan sample dengan menggunakan Pre-test dan Post-test. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak) dengan cara random. Cara menentukan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data digunakan instrument tes. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (expert judgment). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Berdasarkan hasil analisi data diperoleh: (1) Dari data pre-test yang sudah dihitung, kelas kontrol hasil nilai tertinggi diperoleh nilai yaitu 96,77, nilai terendah 58,06, nilai mean 78,49, nilai modus 83,47, dan nilai standar devisiasi 8,72. Nilai dari kelas eksperimen memperoleh nilai tertinggi dengan nilai 93,54, nilai terendah 58,06, nilai mean memperoleh 79,39, nilai modus 77,42, dan nilai standar devisiasi 8,24. Dari hasil pre-test kelas kontrol dari 36 peserta didik terdapat 13 peserta didik yang tidak memenuhi dan 23 memenuhi KKM. Pada kelas eksperimen, dari 36 peserta didik ada 11 peserta didik yang tidak memenuhi dan 25 memenuhi KKM. (2) Nilai pre-test pada kelas kontrol mendapat nilai mean 78,49, dan pada nilai post-test dengan nilai mean 83,69. Dari rerata tersebut bisa disimpulkan bahwa hasil nilai pada kelas kontrol meningkat sebesar 5,19. Nilai pre-test dengan rata-rata atau nilai mean 79,39, dan pada nilai post-test dengan nilai mean 86,82. Dari rerata tersebut bisa disimpulkan bahwa hasil nilai pada kelas eksperimen meningkat sebesar 7,43. (3) Sesuai yang ada pada tabel, hasil uji nilai T.hitung > T.tabel dengan nilai 2,146 > 1,994, dan dapat diputuskan bahwa hasil nilai yang diperoleh dari post-test tidak terdapat perbedaan yang signifikan astara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83087

Actions (login required)

View Item View Item