Pengembangan modul sistem kemudi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem kemudi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Jabon Sidoarjo / Rijal Awaludin Nur

Nur, Rijal Awaludin (2019) Pengembangan modul sistem kemudi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem kemudi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Jabon Sidoarjo / Rijal Awaludin Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nur, Rijal Awaludin. 2019. Pengembangan Modul Sistem Kemudi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Kemudi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E. M.M., M.Pd. (II) Drs. Partono, M.Pd., Kata Kunci: pengembangan modul, meningkatkan prestasi belajar siswa, sistem kemudi jurusan teknik kendaraan ringan SMKN 1 jabon Sidoarjo. Permasalahan yang terjadi yaitu tidak adanya sumber informasi belajar pada mata pelajaran sistem kemudi dan kurangnya kemandirian siswa untuk belajar yang merupakan faktor penghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan modul sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran sistem kemudi, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan prestasi akademik tentang sistem kemudi jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK. Namun, dalam melakukan pengembangan modul ini ada beberapa komponen modul ada didalamnya diantaranya meliputi: (1) Peta kedudukan modul, (2) Deskripsi modul, (3) Petunjuk penggunaan modul, (4) Tujuan Pembelajaran modul, (5) Materi pembelajaran, (6) Ilustrasi atau gambar, (7) Soal Latihan. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan modul sistem kemudi yang sesuai dan dapat dengan mudah digunakan oleh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 Jabon Sidoarjo. Model penelitian pengembangan ini diadaptasi dari model 10 langkah penelitian Sugiyono (2015). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner dan tes. Kuesioner diisi oleh uji coba siswa sampel penelitian berjumlah 25 siswa berupa data hasil penilaian siswa terhadap modul sistem kemudi. Sedangkan tes yang dilakukan berupa pre tes dan post tes siswa terkait dengan modul sistem kemudi berjumlah 25 siswa kelas XI TKR. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui kevalidan modul dan pengaruh modul terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data validasi ahli materi dan validasi ahli media menunjukkan skor 98,6 %. Kemudian, dari hasil analisis data nilai siswa terdapat perbedaan signifikan antara nilai sebelum adanya modul dan sesudah adanya modul dibuktikan dengan pre tes dan post tes. Nilai pre tes siswa kelas XI TKR 82% dari keseluruhan siswa dikelas mendapatkan klasifikasi nilai D (Kurang) dan setelah dilakukan post tes nilai siswa tersebut naik menjadi 84% mendapatkan klasifikasi nilai B (Baik).) Kesimpulan dari penilaian keseluruhan modul pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan layak digunakan dan dapat mempengaruhi nilai siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83085

Actions (login required)

View Item View Item