Korelasi antara motivasi belajar dan bakat mekanik dengan prestasi belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 10 Malang / Moch. Kresna Mauludin

Mauludin, Moch. Kresna (2019) Korelasi antara motivasi belajar dan bakat mekanik dengan prestasi belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 10 Malang / Moch. Kresna Mauludin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mauludin, Moch. Kresna. 2019. Korelasi Motivasi dan Bakat Mekanik dengan Prestasi Belajar Teknik Dasar Otomotif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 10 Malang Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Agus Sholah, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. Partono, M.Pd. Kata kunci: Motivasi, Bakat Mekanik, Prestasi Belajar Teknik Dasar Otomotif. Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan atau energi yang menimbulkan dorongan untuk melakukan suatu kegiatan. Bakat merupakan kemampuan bawaan dari lahir sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan agar dapat terwujud. Prestasi belajar dapat diukur melalui suatu kegiatan yang sistematis untuk menentukan sejauh mana pemahaman siswa terhadap sesuatu yang dipelajari. Pada penelitian ini peneliti mengunakan 2 variabel bebas yaitu motivasi (X1) dan bakat mekanik (X2) dan 1 variabel terikat yaitu prestasi belajar teknik dasar otomotif kelas X teknik kendaraan ringan di SMKN 10 Malang (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelititan deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas X teknik kendaraan ringan 1. Karena penelitian ini tidak mengunakan sampel maka dapat dikatakan penelitian ini adalahpenelitian populasi dimana hipoesis statistic tidak diperlukan (Sugiono,2006: 64). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa secara umum motivasi dan bakat mekanik berhubungan dengan prestasi belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X teknik kendaraan ringan di SMKN 10 Malang. Hal ini dapat diartikan bahwa prestasi belajar siswa memiliki korelasi dengan motivasi dan bakat mekanik siswa. Semakin tinggi motivasi dan bakat mekanik maka diharapkan prestasi belajar siswa akan tinggi. Hasil analisis data oleh peneliti berikut adalah 1) secara parsial ada korelasi antara motivasi dengan prestasi belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X teknik kendaraan ringan di SMKN 10 Malang, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya angka 0,160 pada kolom B tabel regresi linier. Artinya terdapat korelasi antara variabel bebas (X1) dan variabel terikat (Y). 2) secara parsial ada korelasi antara bakat mekanik dengan prestasi belajar teknik dasar otomotif siswa kelas X teknik kendaraan ringan di SMKN 10 Malang, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya angka 0,727 pada kolom B tabel regresi linier. Artinya terdapat korelasi antara variabel bebas (X2) dan variabel terikat (Y). 3) Terdapat korelasi yang era tantara variabel bebas (X1 dan X2) dengan variabel terikat (Y). dibuktikan dengan nilai R yaitu 0,912 dimana nilai R memiliki angka 0 sampai 1 jika nilai R mendekati 1 maka terdapat korelasi yang era tantara variabel bebas dan variabel terikat. Selain itu juga dapat dilihat pada nilai R square sebesar 0,833 yang artinya variabel bebas memiliki sumbangan sebesar 83,3% dan sisanya yaitu variabel lain yang tidak dicantumkan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83084

Actions (login required)

View Item View Item