Pengaruh variasi berat roller CVT (Continuously Variable Transmission) dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor automatic 125 CC / Iqbal Muhammad Hidayat

Hidayat, Iqbal Muhammad (2019) Pengaruh variasi berat roller CVT (Continuously Variable Transmission) dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor automatic 125 CC / Iqbal Muhammad Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayat, Iqbal Muhammad. 2019. Pengaruh variasi berat roller cvt (continuously variable transmission) dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor automatic 125 cc. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Paryono Drs., S.T, M.T. (II) Windra Irdianto. S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Roller, CVT, konsumsi bahan bakar, emisi gas buang Kurangnya efisiensi bahan bakar pada kendaraan keluaran pabrik menjadi alasan konsumen untuk memodifikasi sepeda motor. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui pengaruh variasi berat roller cvt (continuously variable transmission) dan putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor automatic 125 cc. Konsumsi bahan bakar merupakan banyaknya bahan bakar yang dihabiskan selama proses pembakaran berlangsung yang dibandingkan dengan daya mesin. Emisi gas buang merupakan polutan yang yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian perbandingan kelompok statis. Subyek dalam penelitian ini yaitu engine 125 cc Injeksi dan obyek dalam penelitian ini adalah roller weight. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan instrumen dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan anakisis varian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pertama pengaruh variasi roller weight terhadap konsumsi bahan bakar dengan nilai signifikansi 0,874 > 0,05, yang kedua pengaruh variasi roller weight terhadap emisi gas buang dengan nilai signifikansi 0,917 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama tidak terdapat perbedaan konsumsi bahan bakar yang signifikan pada sepeda motor automatic 125 cc PGM-FI yang menggunakan variasi roller weight, yang kedua tidak terdapat perbedaan emisi gas buang yang signifikan pada sepeda motor automatic 125 cc PGM-FI yang menggunakan variasi roller weight.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83083

Actions (login required)

View Item View Item