Pengembangan bahan ajar berupa jobsheet praktikum motor starter untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Achmad Zuhri Imaduddin

Imaduddin, Achmad Zuhri (2019) Pengembangan bahan ajar berupa jobsheet praktikum motor starter untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Achmad Zuhri Imaduddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Imaduddin, Achmad Zuhri. 2019. Pengembangan Bahan Ajar berupa Jobsheet Praktikum Motor Starter untuk Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di Smk Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri, S.T, M.T (II) Windra Irdianto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : bahan ajar, jobsheet, motor starter. Bahan ajar berupa jobsheet memiliki manfaat membantu kegiatan praktik agar lebih efektif. Dengan adanya jobsheet guru akan lebih mudah berinteraksi dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung secara efektif. Serta bisa lebih menarik minat belajar siswa dalam melakukan kegiatan praktik secara mandiri. Tujuan dari penelitian pengembangan di SMK Negeri 11 Malang adalah (1) merancang dan mengembangkan bahan ajar berupa jobsheet motor starter, (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk bahan ajar berupa jobsheet motor starter yang dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda yang terdiri dari lima tahapan: Analisys, Design, Development, Implementation & Evaluation. Instrumen pengumpula data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, 8 orang siswa untuk uji kelompok kecil dan 32 orang siswa untuk uji lapangan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. Pada proses pengembangan bahan ajar dimulai dari menganalisis kebutuhan, mengidentifikasi masalah, menganalisis peserta didik, hingga menentukan materi bahan ajar. Setelah semua selesai maka dilakukan perencanaan bahan ajar, mulai dari penyusunan garis besar jobsheet, mendesain pembelajaran pada jobsheet, pemilihan fotmat, penulisan naskah jobsheet hingga produk selesai dan siap untuk diuji cobakan. Tahap uji coba bahan ajar melibatkan ahli materi, ahli media dan siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang. Hasil uji coba validasi yang dilakukan dengan 3 tahap, yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media, dan uji coba lapangan. Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase 90% yang termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh persentase 95% yang termasuk kriteria sangat valid. Kemudian penilaian dari siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 11 Malang yang memperoleh persentase 83% dikategorikan sangat valid. Maka dari ketiga penilaian tersebut dapat diartikan bahwa jobsheet motor starter sangat layak digunakan sebagai sumber belajar untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83082

Actions (login required)

View Item View Item