Pengaruh penggantian injektor racing terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion / Praseptian Cintandany

Cintandany, Praseptian (2019) Pengaruh penggantian injektor racing terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion / Praseptian Cintandany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cintandany, Praseptian. 2019. Pengaruh Penggantian Injector Vixion Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha Vixion. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sumarli, M.Pd, M.T. (2) Drs. Imam Muda Nauri, S.T., M.T. Kata Kunci: Injector Racing, Daya Motor, dan Emisi Gas Buang. Indonesia sebagai Negara berkembang dijadikan kesempatan besar oleh pengusaha otomotif sebagai pasar penjualan dari berbagai produk otomotif. Dengan sangat pentingnya alat transportasi ini maka masyarakat akan memilih sepeda motor yang mempunyai tenaga besar, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Saat ini berkembang teknologi EFI (electronic fuel injection) mesin sepeda motor untuk meningkatkan prestasi mesin tanpa disadari semakin lama mesin digunakan dapat berpengaruh terhadap daya sepeda motor itu sendiri. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan kinerja injector, pada mesin berteknologi EFI injector berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar kesaluran masuk (intake manifold) biasanya sebelum katup masuk, namun ada juga yang ke throttle body. Volume penyemprotan diatur oleh ECU (Electronic Control Unit). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian Injector Vixion Terhadap daya dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Vixion,. Penelitian ini dilaksanakan di bengkel AHASS ASIA SULFAT pada tanggal 20-27 april 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis menggunakan uji beda Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya mesin lebih tinggi pada penggunaan Injector Racing karena jumlah port yang lebih banyak dari Injector Standar yaitu 10 lubang, sehingga pencampuran udara dan bahan bakar yang lebih banyak dan sempurna. Untuk emisi gas buangnya menunjukkan bahwa ada perbedaan pada penggunaan Injector Racing. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggantian Injector Racing terhadap daya mesin. Tidak ada perbedaan yang signifikan pada penggantian Injector Racing terhadap emisi gas buang HC, dan ada perebdaan yang signifikan pada penggantian Injector Racing terhadap emisi gas buang CO. untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan pengimbangan komponen lainnya seperti ECU Racing pada sepeda motor Yamaha Vixion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83081

Actions (login required)

View Item View Item