Pengaruh penambahan megabomb terhadap daya dan emisi gas buang pada motor GL Max / Yan Aringga Rakasiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan megabomb terhadap daya dan emisi gas buang pada motor GL Max / Yan Aringga Rakasiwi

Rakasiwi, Yan Aringga (2019) Pengaruh penambahan megabomb terhadap daya dan emisi gas buang pada motor GL Max / Yan Aringga Rakasiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rakasiwi Aringga Yan. 2019. Pengaruh Penambahan Mega Bomb Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Gl Max. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs.H.Sumarli M.Pd. M.T. Kata kunci Megabomb Daya Motor Emisi Gas Buang. Dalam bidang otomotif akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dan beragam hamper semua system dalam teknologi otomotif baik sepeda motor maupun mobil mengalami sentuhan modifikasi. Seiring meningkatnya jumlah kendaraan akan mengakibatkan emisi gas buang sisa kendaraan bermotor akan meningkat. Modifikasi yang dilakukan pada sepeda motor meliputi modifikasi performa mesin (penambahan komponen megabomb pada exhaust knalpot). Dilakukan dengan system kerja yang standar merubah spesifikasi komponen ataupun dengan cara memberi komponen tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang Pengaruh Penambahan Megabomb Terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Pada Motor Honda Gl Max diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru dan memberikan dampak positif yaitu memberikan peningkatan daya dan efisiensi pembakaran. Selain itu dapat dilihat seberapa besar Pengaruh Penambahan Megabomb Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang pada sepeda motor sehingga dapat dijadikan referensi yang lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan di Ahass Asia Sulfat Malang dan Laboratorium Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Pada tanggal 20 29 April 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimental. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis parametric menggunakan uji beda Paired Sample Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan exhaust megabomb terhadap daya mesin diperoleh daya maksimum 8 23Hp dan exhaust standar diperoleh daya maksimum 7 92 Hp. Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan exhaust megabomb terhadap kadar emisi gas buang HC diperoleh nilai maksimum HC 71 ppm dan exhaust standar diperoleh nilai maksimum HC 56 ppm. Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan exhaust megabomb terhadap kadar emisi gas buang CO diperoleh nilai maksimum CO 17% dan exhaust standar diperoleh nilai maksimum CO 12%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya seperti pada variasi ukuran diameter exhaust pipe yang berbeda dan kapasitas mesin yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83080

Actions (login required)

View Item View Item