Hubungan minat mekanik siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik wilayah utara / Mohammad Agung Hariansyah

Hariansyah, Mohammad Agung (2019) Hubungan minat mekanik siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik wilayah utara / Mohammad Agung Hariansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hariansyah, Mohammad Agung. 2019. Hubungan Minat Mekanik Siswa Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik Wilayah Utara. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Partono, M.Pd., (II) Dr. Agus Sholah, M.Pd. Kata Kunci: Minat Mekanik, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif, TKRO Prestasi belajar merupakan penilaian pendidikan tentang kemajuan peserta didik dalam hal-hal yang telah dipelajari di sekolah, menyangkut pengetahuan maupun keterampilan yang dinyatakan setelah hasil penilaian. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pelajaran produktif merupakan kelompok mata pelajaran yang berperan penting dalam membekali pengetahuan teknik dasar keahlian kejuruan kepada peserta didik. Meningkatkan prestasi mata pelajaran produktif merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan guna memenuhi tuntutan dunia kerja. Untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran produktif, sekolah didesak untuk meningkatkan minat siswa, minat merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi, diantara minat tersebut adalah minat mekanik. Minat mekanik merupakan suatu perasaan suka, tertarik dan perhatian yang besar pada suatu aktivitas yang mengarah pada kemampuan dibidang mekanik dan pekerjaan yang berkaitan dengan mesin, alat-alat dan daya mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat mekanik siswa dengan prestasi mata pelajaran produktif siswa kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik Wilayah Utara. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Korelasional dengan metode Ex Post Fakto. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat minat mekanik siswa dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi mata pelajaran produktif siswa serta metode wawancara sebagai pendukung. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik Wilayah Utara yang diambil secara acak menggunakan teknik Random Sampling dari 289 siswa yang termasuk dalam populasi penelitian. Hasil pengolahan data menggunakan teknik korelasi Product Moment Pearson dengan bantuan SPSS Statistics V.20.0 diperoleh angka signifikansi sebesar 0,000 kurang dari =5% (0,05) yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara minat mekanik (X) dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif (Y). Selain itu, Nilai rhitung sebesar 0,867 sedangkan rtabel sebesar 0,227 maka nilai rhitung > rtabel (0,867 > 0,227), sesuai dengan pedoman interpretasi korelasi bahwa antara 0,80 - 1,000 termasuk dalam kategori “sangat kuat”. Pada penelitian ini hasil dari rhitung memiliki nilai positif, maka dapat dikatakan bahwa hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat positif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedua variabel, artinya semakin meningkat minat mekanik siswa maka akan meningkat juga prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI TKRO SMK di Kabupaten Gresik Wilayah Utara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83079

Actions (login required)

View Item View Item