Persepsi guru tentang kesiapan program keahlian otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Malang Raya dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0 / Erwin Lorenzah

Lorenzah, Erwin (2019) Persepsi guru tentang kesiapan program keahlian otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Malang Raya dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0 / Erwin Lorenzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Erwin, Lorenzah 2019. Persepsi Guru tentang Kesiapan Program Keahlian Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan di Malang Raya dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Amat Nyoto, M.Pd., (II) Dr. Syarif Suhartadi, M.Pd. Kata Kunci: persepsi guru Perkembangan industri saat ini sudah pada tahap industri ke 4.0 dimana pada industri ini sudah berbasis data dan digital. Inilah sejarah singkat perkembangan industri mulai dari awal yaitu pada revolusi industri pertama menggunakan mesin uap setelah itu revolusi kedua ditemukannya listrik, revolusi ketiga ditandai dengan adanya mesin mesin otomatis dan yang terakhir yaitu industri era ke empat ini. hal ini juga berdampak pada dunia pendidikan khususnya SMK. Muatan pendidikan pada SMK harus meliputi pembelajaran yang selalu inovatif, ketrampilan literasi digital, karir dan kecakapan hidup. Dengan adanya instruksi presiden no 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK sebagai upaya dalam menyikapi perkembangan industri 4.0 ini. Direktorat pembinaan SMK pun juga menetapkan lima area revitalisasi yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan, kurikulum, kerjasama dunia Usaha/Industri, sertifikasi dan akreditasi dan sarana prasarana dan kelembagaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kesiapan dari dimensi kesiapan guru, kesiapan kurikulum dan kesiapan sarana prasarana pada program keahlian otomotif SMK yang ada di malang raya guna menghadapi era revolusi industri 4.0 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobality sampling, yaitu sampel jenuh. Responden pada penelitian ini adalah seluruh guru produktif program keahlian otomotif SMK Negeri 10 Malang dan SMK Negeri 01 Singosari yang berjumlah 22 responden. Instrumen yang digunakan adalah angket/ kuisioner tertutup. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa kesiapan program keahlian otomotif dalam menghadapi era industri 4.0 pada: (1) dimensi kesiapan guru dengan kategori sangat siap sebesar 94,26%, berdasarkan indikator (a) kompetensi guru sebesar 61,96% dan (b) prinsip guru mengajar 32,30%. (2) kesiapan kurikulum masuk pada kategori siap dengan persentase 71,05%, berdasarkan indikator (a) perkembangan kurikulum sebesar 4,55%, (b) prinsip kurikulum 23,44%, (c) strategi kurikulum 29,43%, (d) penyelarasan kurikulum 9,09%, (e) pembelajaran sistem blok 4,55% dan (f) english area 0%. Dan (3) dimensi kesiapan sarana prasarana berada pada kategori sangat siap dengan persentase 86,16% didapat dari indikator berikut, (a) standar 17,36%, (2) sumber pemenuhan sarana prasarana 19,83%, (3) perbaiakan thumanetal 28,51% dan (4) prinsip 5R sebesar 13,84%. Sehingga jika dikakulasikan dari ketiga dimensi kesiapan yang diambil, kesiapan program keahlian otomotif SMK di Malang Raya dalam rangka menghadapi era revolusi industri 4.0 berada pada kategori sangat siap dengan persentase 83,83%. Saran yang diberikan untuk SMK yang berada di Malang Raya adalah pertama untuk dimensi kesiapan kurikulum, disarankan pada dimensi ini untuk vi mengadakan program english day dan adanya english area. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa inggris memang harus dikuasai secara aktif baik lisan maupun tulisan. Agar para lulusan nantinya bisa proaktif dalam menghadapi arus informasi global dan bekal ketika terjun di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83077

Actions (login required)

View Item View Item