Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar praktikum motor bensin mahasiswa SMK dengan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang angkatan 2016 / Muhammad Imaduddin Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar praktikum motor bensin mahasiswa SMK dengan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang angkatan 2016 / Muhammad Imaduddin Ramadhan

Ramadhan, Muhammad Imaduddin (2019) Perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar praktikum motor bensin mahasiswa SMK dengan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang angkatan 2016 / Muhammad Imaduddin Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhan M.I. 2019. Perbedaan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Praktikum Motor Bensin Mahasiswa SMK dan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang Angkatan 2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. Kata kunci Motivasi Belajar Hasil Belajar Mahasiswa SMK dan mahasiswa non SMK Tingkatan hasil belajar matakuliah praktikum mahasiswa yang berasal dari SMK otomotif lebih tinggi atau lebih rendah dari pada mahasiswa yang berasal dari non SMK apakah berpengaruh besar latar belakang pendidikan dan motivasi belajar dengan hasil belajar matakuliah motor bensin. Dari masalah diatas dapat disimpulkan dua rumusan masalah (1) Apakah ada perbedaan Motivasi Belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (2) Apakah ada perbedaan Hasil Belajar Praktikum Motor Bensin antara mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non SMK Pendidikan Teknik Otomotif Prodi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Terdapat 3 variabel dalam penelitian ini yang pertama yaitu motivasi belajar motivasi belajar ini adalah hal yang mendorong untuk menjadi bersemangat untuk belajar. Yang kedua hasil belajar hasil belajar yaitu hasil yang diperoleh dari pembelajaran di tempat belajar yang hasilnya diakumulasikan dalam bentuk nilai dan akan menjadi patokan apakah pembelajaran tersebut berhasil atau tidaknya. Yang ketiga latar belakang pendidikan latar belakang pendidikan yaitu rekam jejak pendidikan sebelumnya atau masa lampau latar belakang pendidikan yang akan dimasukkan dalam penelitian ini hanya pendidikan SMK dan non SMK karena untuk memudahkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan teknik otomotif angkatan 2016 offering b1 Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 31 mahasiswa diantarannya 15 berlatar belakang pendidikan SMK dan 16 berlatar belakang pendidikan non SMK. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dengan penilaian skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Uji-T pembeda. Presentase motivasi belajar rata-rata berada pada tingkat sedang sampai tinggi dengan presentase 38 5% - 48 5%. Dan hasil belajar rata-rata berada pada tingkat baik dengan interval 3 4 - 3 7. Variabel motivasi belajar dari mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK atau non SMK dengan nilai signifikansi 0 387 yang berarti lebih besar dari H0 atau 0.05. hasil belajar motor bensin dengan nilai signifikansi 0 115 yang berarti lebih besar dari H0. Hasil penelitian menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan diantara variabel motivasi belajar dan hasil belajar dengan latar belakang pendidikan SMK atau non SMK. Hasil penelitian variabel motivasi belajar dengan latar belakang pendidikan menyatakan nilai signifikansi 0 387 yang berarti lebih besar dari H0 atau 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non SMK. Hasil penelitian variabel hasil belajar menyatakan nilai signifikansi 0 115 yang berarti lebih besar dari H0 atau 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan SMK dan non SMK.Kesimpulan penelitian ini adalah tidak ada perbedaan pada Hasil belajar praktikum motor bensin dan motivasi belajar mahasiswa SMK dan non SMK terhadap latar belakang pendidikan karena dalam penelitian diatas menunjukkan hasil yang lebih besar dari H0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83071

Actions (login required)

View Item View Item