Pelaksanaan teaching factory dalam meningkatkan jiwa wirausaha dan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang / Ahmad Hadi Cahyono

Cahyono, Ahmad Hadi (2019) Pelaksanaan teaching factory dalam meningkatkan jiwa wirausaha dan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang / Ahmad Hadi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Cahyono, Ahmad Hadi. 2019. Pelaksanaan Teaching Factory dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Widiyanti, M.Pd., (2) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto, S.E, M.M, M.Pd.. Kata Kunci: Teaching Factory, Jiwa Wirausaha, Hasil Belajar, SMK Sumber daya alam dan sumber daya manusia sangat penting dalam memberikan pengaruh pada keberhasilan pembangunan nasional. Sumber daya manusia menjadi pilar utama pada pembangunan nasional Indonesia. Salah satu jalan yang dapat ditempuh dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten adalah melalui pendidikan Sekolah Menengah kejuruan (SMK). Di sisi lain pada tahun 2018 SMK menyumbang angka pengangguran tertinggi, yaitu sebesar 9,27% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyaknya lulusan SMK tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan pekerjaan yang ada setiap tahunnya. Guna mengatasi hal ini, wirausaha menjadi salah satu solusi yang realistis. Hal ini menjadi alas an fundamental bagi pemerintah dalam menerapkan program teaching factory di SMK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah 323 orang. Penentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan jumlah 108 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Hasil pengujian variabel pelaksanaan teashing factory dengan peningkatan jiwa wirausaha diketahui nilai Sig. sebesar 0,046 < 0,05; dan (2) Hasil pengujian variabel teaching factory dengan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif diketahui nilai Sig. sebesar 0,036 < 0,05. Kesimpulan: (1) Terdapat hubungan yang signifikan pada variabel pelaksanaan teashing factory dan peningkatan jiwa wirausaha pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, dan (2) Terdapat hubungan yang signifikan pada variabel teaching factory dan hasil belajar siswa mata pelajaran produktif pada program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83070

Actions (login required)

View Item View Item