Peningkatan perkembangan motorik kasar anak dengan permainan engklek pada kelompok B TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Ayun Ratna Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan perkembangan motorik kasar anak dengan permainan engklek pada kelompok B TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Ayun Ratna Fajarwati

Fajarwati, Ayun Ratna (2016) Peningkatan perkembangan motorik kasar anak dengan permainan engklek pada kelompok B TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Ayun Ratna Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Ayun Ratna. 2016. Peningkatan Perkembangan Fisik Motorik Anak dengan Permainan Engklek pada Kelompok B TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. (II) Dra. Sutansi M.Pd. Kata Kunci Perkembangan Motorik Kasar Bermain Permainan Engklek. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung pada kelompok usia 5-6 tahun diketahui bahwa perkembangan motorik kasar anak belum berkembangan. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan observasi anak mengekspresikan gerakan kepala tangan dan kaki dari 23 anak yang tidak bisa melakukan 13 anak (56 2%) dan pada saat senam dari 23 anak yang tidak bisa mengikuti gerakan senam sebanyak 15 anak (65 2%). Beberapa faktor penyebab tersebut yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan dengan kegiatan pembelajaran melalui sebuah permainan engklek. Dengan penerapan permainan engklek pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung motorik kasar anak akan berkembang. Permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu kelompok B TK Dharma Wanita Bangunmulyo Kecmatan Pakel Kabupaten Tulungagung sebanyak 23 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru lembar pengamatan aktivitas anak lembar pengamatan kemampuan fisik motorik anak lembar pengamatan afektif anak lembar pengamatan psikomotor anak pedoman wawancara guru dan pedoman catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pembelajaran fisik motorik anak melalui permainan engklek. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian perkembangan fisik motorik anak pada siklus I sebesar 64 84% dengan ketuntasan kelas sebesar 43 47%. Pada siklus II perkembangan fisik motorik anak sebesar 86 95% dengan ketuntasan kelas sebesar 80 43%. Dari hasil data tersebut maka perkembangan fisik motorik anak melalui permainan engklek dapat dikatan berhasil karena telah memnuhi target minimal 75% ketuntasan dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8307

Actions (login required)

View Item View Item