Kelayakan sarana prasarana dan tenaga pendidik Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang / Irfan Andika Jaya

Jaya, Irfan Andika (2019) Kelayakan sarana prasarana dan tenaga pendidik Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di SMK Negeri 10 Malang / Irfan Andika Jaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Jaya, Irfan Andika. 2019. Kelayakan sarana prasarana dan tenaga pendidik program keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor SMKN 10 Malang, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Agus Sholah.,M.Pd., (2) Fuad Indra Kusuma, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Kelayakan, Sarana Prasarana, Tenaga Pendidik Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, atau pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan memiliki peranan penting untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemerintah bertugas menentukan standar-standar penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Standar-standar penyelenggaraan pendidikan yaitu: (1) Standar Isi, (2) Standar Proses, (3) Standar Kompetensi Lulusan, (4) Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (5) Standar Sarana dan Prasarana, (6) Standar Pengelolahan, (7) Standar Pembiayaan, dan (8) Standar Penilaian Pendidikan. Berhasil atau tidaknya sebuah pendidikan ditentukan oleh beberapa faktor yaitu sarana prasarana yang lengkap atau memadai dan membutuhkan tenaga pendidik yang mumpuni atau professional. Oleh sebab itu perlu dilihat standar kelayakannya pada sekolah agar output bisa baik dan siap bekerja di dunia kerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang bisa diamati. Penelitian ini dilakukan di SMKN 10 kota malang .teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, kuisioner. Tahapan yang dilakukan peneliti yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap yang terakhir adalah penulisan laporan. Berdasarkan data yang saya dapatkan dari observasi(check list) tentang kondisi sarana prasarana di SMKN 10 Malang diperoleh sebesar 92% sehingga dapat dikatakan layak karena sudah memenuhi kriteria minimal kelayakan yaitu sebesar 75% Sedangkan itu dari data yang saya dapatkan dari kuisioner tenaga pendidik di SMKN 10 sudah dikatakan layak dikarena sudah memenuhi standar minimum kelayakan berdasarkan angket yang sudah disebar.saran untuk sarana prasarana adalah 1) Penyimpanan Alat harus lebih dirapikan dan luas ruang penyimpanan alat harus lebih diperluas,2) Fasilitas Sarana Prasarana harus lebih perbaiki lagi agar menunjang pembelajaran siswa,3) Harus melakukan perawatan berkala pada alat, biar alat tidak cepat rusak. Sedangkan saran untuk tenaga pendidik adalah Tenaga Pendidik yang belum bersertifikat pendidik harus mengikuti training atau pelatihan agar mendapatkan sertifikat dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83069

Actions (login required)

View Item View Item