Hubungan penguasaan mata diklat produktif dan prestasi PRAKERIN dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Sunan Drajat Lamongan / AH. Fathul Arif - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penguasaan mata diklat produktif dan prestasi PRAKERIN dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Sunan Drajat Lamongan / AH. Fathul Arif

Arif, AH. Fathul (2019) Hubungan penguasaan mata diklat produktif dan prestasi PRAKERIN dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Sunan Drajat Lamongan / AH. Fathul Arif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arif Ah. Fathul. 2019. Hubungan Penguasaan Mata Diklat Produktif dan Prestasi Prakerin Dengan Kesiapan Menghadapi Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Sunan Drajat Lamongan. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Eko Edi Poerwanto S.E. M.M. M.Pd. (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci penguasaan mata diklat produktif prestasi prakerin kesiapan menghadapi UKK uji kompetensi keahlian. SMK merupakan pendidikan tingkat menengah yang dibekali dengan beberapa kompetensi yang bertujuan agar lulusan SMK menjadi lulusan yang berkompeten yang siap mengisi ruang kosong tenaga kerja di Indonesia. tetapi pada faktanya lulusan SMK adalah penyumbang terbesar penganggura salah satu penyebabnya adalah kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMK belum sesuai dengan apa yang ada di lapangan kerja. Indikator untuk mengukur kompetensi yang dimiliki siswa SMK adalah uji kompetensi keahlian (UKK) dan hasil yang diperoleh dari UKK tersebut yaitu masih banyak terdapat siswa SMK yang mendapatkan hasil dibawah kriteria minimal hal tersebut disebabkan oleh kesiapan yang dimiliki siswa dalam menghadapi UKK masih rendah. Setelah mengetahui beberapa permasalahan diatas maka peneliti mencari sesuatu yang berhubungan dengan kesiapan siswa dan peneliti mempunyai hipotesis bahwa salah satu variabel yang berhubungan dengan kesiapan siswa SMK dalam menghadapi uji kompetensi keahlian yaitu penguasaan mata diklat produktif dan prestasi prakerin. Oleh karena itu rumusan masalah pada penelitian ini antara lain apakah ada hubungan antara penguasaan mata dilat produktif dan prestasi prakerin dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa SMK. Mata diklat produktif merupakan sesuatu yang membekali siswa SMK tentang pengetahuan sesuai bidang yang dipilih dan hal tersebut harus benar benar dikuasai oleh siswa.Selain itu Program Prakerin juga suatu yang penting dan harus benar-benar dimaksimalkan oleh siswa dalam pelaksanaannya karena prakerin memberikan pengalaman dengan bekerja langsung di dunia industri dan sangat memungkinkan menambah pengetahuan tentang kompetensi yang mungkin tidak didapatkan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional serta menggunakan metode expost facto yakni dalam penelitian ini tidak ada perlakuan terhadap ubahan-ubahan penelitian melainkan hanya mengungkapkan fakta berdasarkan gejala yang ada pada responden. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan tes tertulis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis korelasi tunggal dan analisis korelasi ganda. Hasil pembahasan pada penelitian ini menunjukan bahwa Ada hubungan antara penguasaan mata diklat produktif dengan kesiapan menghadapi uji ii kompetensi keahlian siswa dengan nilai koefisien sebesar 0 773 Ada hubungan antara prestasi prakerin dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa dengan nilai koefisien sebesar 0 523 Ada hubungan antara penguasaan mata diklat produktif dan prestasi prakerin dengan kesiapan menghadapi uji kompetensi keahlian siswa dengan nilai R sebesar 0 791. Setelah mengetahui hasil dari penelitian ini bahwasanya ketiga varibel tersebut saling berhubungan maka dapat disarankan yaitu proses pembelajaran harus selalu ditingkatkan baik dari kualitas tenaga pendidik serta sarana prasarana pembelajaran sehingga nantinya pengetahuan yang dimiliki siswa akan meningkat dan akan lebih siap menghadapi UKK. Selain itu SMK juga harus tetap menjalin kerja sama yang solid dengan dunia industri sehingga pelaksanaan prakerin dapat berjalan sesuai rencana serta lulusan SMK menjadi prioritas dalam penjaringan tenaga kerja di industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/83068

Actions (login required)

View Item View Item