Rachim, Dewi Risky (2016) Pengembangan media pembelajaran ular tangga kebun binatang untuk membantu perkembangan sosial emosional anak mkelompok B / Dewi Risky Rachim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rachim Dewi Risky. 2016.Pengembangan Media Pembelajaran UlarTanggaKebunBinatangUntukMembantuPerkembanganSosialEmosionalAnakKelompok B Skripsi Program Studi Pendidikan Guru PendidikanAnakUsiaDini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II)Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd Kata Kunci Media Pembelajaran UlarTanggaKebunBinatang PerkembanganSosialEmosionalAnakKelompok B Anakusia 5-6 tahunsudahseharusnyamendapatkanpembelajaran yang membantuperkembangansosialemosionalnyasebagaibekalmenujukejenjangpendidikanselanjutnya. Proses pembelajarandenganmengedepankanprinsipbermainsambilbelajarakanmembuatanaklebihantusiasuntukbelajar. Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran ular tangga kebun binatangyang dibuat dengan tujuan untuk membantu perkembangan sosial emosional anak kelompok B. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) Menghasilkanproduk media pembelajaran prototypeberupaulartanggakebunbinatangyang layak dan memadai untukmembantuperkembangansosialemosionalanakkelompok B (2) Menciptakaninovasipembelajaranmelalui media pembelajaranulartanggakebunbinatangyang dapatmembantuperkembangansosialemosionalanakkelompok B yang layak dan memadai (3) Mengetahuikelayakan media pembelajaranulartanggakebunbinatangmelaluivalidasidariahlimateridan media pembelajaran. Jenispenelitianiniadalahpenelitiandanpengembanganproduk. Model yang digunakandalampengembanganmedia pembelajaraniniadalah model proseduralyang mengacupada model pengembangan Borg Gall yang telahdimodifikasisesuaikebutuhanpeneliti. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran ulartanggakebunbinatang telah dinyatakan sangat valid danlayakdigunakanoleh ahli materi ahli media danahlisosialemosional (2) Hasil uji coba lapanganmedia pembelajaran ulartanggakebunbinatang di lima TK memperoleh persentaserata-rata sebesar 85 33% yang berarti media pembelajarandapatmembantumengembangkan kemampuan sosial emosional anak dengan sangat baik. Berdasarkan hasil uji cobalapangan diperoleh kesimpulan bahwapengembangan media pembelajaranulartanggakebunbinatangdapatmembantumengembangkan kemampuan sosial emosional anak dengan sangat baik. Saran yang dapat dikemukakan peneliti adalah (1)Media pembelajaran ini hanya terbatas pada tema binatang. Oleh karena itu diharapkan guru juga dapat mengembangkan media pembelajaran ular tangga pada tema yang lain (2) Untuk penelitian dan pengembangan media pembelajaran selanjutnya sebaiknya peneliti dan pengembang lain menerapkan media pembelajarannya ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8304 |
Actions (login required)
View Item |