Lewar, Letitsia Aprilini Katarina (2016) Peningkatan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun melalui pemanfaatan media playdough bagi anak kelompok B TK Sta. Elisabeth Lewokung Kabupaten Flores Timur / Letitsia Aprilini Katarina Lewar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lewar Letitsia Aprilini Katarina. 2015. Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Media Playdough Bagi Anak Kelompok B di TKK Sta. Elisabeth Lewokung Kabupaten Flores Timur. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Abdul Huda M. Pd (II) Dra. Wiwiwk Dwi Hastuti M.Pd. Kata Kunci Media Playdough Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelompok B TKK Sta. Elisabeth Lewokung masih di dominasi oleh guru. Pada kegiatan bercerita guru bercerita dan anak-anak mendengarkan setelah bercerita guru hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan dijawab oleh sebagian anak. Guru tidak meminta anak menceritakan kembali cerita yang sudah didengar. Pada kegiatan bercerita guru menggunakan media buku cerita dan kartu bergambar sehingga cerita yang diceritakanpun hanya sebatas membaca yang tertulis di dalam buku kurangnya ekspresi guru saat membacakan cerita membuat anak-anak terkesan bosan dan cuek. Kegiatan bercerita belum menumbuhkan minat bercerita pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media playdough untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di kelompok B TKK Sta. Elisabeth Lewokung (2) Kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di kelompok B TKK Sta. Elisabeth Lewokung setelah menggunakan media playdough dan (3) peningkatan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun dikelompok B TKK Sta. Elisabeth Lewokung setelah menggunakan media playdough. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kolaboratif. Pengumpulan data menggunakan teknik (1) observasi (2) wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu (1) pedoman wawancara (2) lembar observasi (3) lembar penilaian dan (4) dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan bercerita anak mengalami peningkatan dari 70 77 pada sikus 1 menjadi 87 17 pada siklus 2. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa kegiatan bercerita dengan menggunakan media playdough dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak. Oleh karena itu disarankan kepada para guru untuk menggunakan media playdough dalam kegiatan bercerita anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8302 |
Actions (login required)
View Item |