Pengembangan media papan lempar sebagai sarana pembelajaran nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Nova Tamril - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan lempar sebagai sarana pembelajaran nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Nova Tamril

Tamril, Nova (2015) Pengembangan media papan lempar sebagai sarana pembelajaran nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun / Nova Tamril. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tamril Nova. 2015. Pengembangan Media Papan Lempar Sebagai Sarana Pembelajaran Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Prodi PG PAUD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci pengembangan media papan lempar nilai agama dan moral Media Papan merupakan media yang berbentuk visual yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran nilai agama dan moral pada anak anak usia 5-6 tahun. Media ini dalam penggunaanya melalui konsep bermain. Berdasarkan hasil observasi di TA Restu Ibu yang bertempat di Jalan Telaga Wangi No. 39 Malang diketahui pembelajaran nilai agama dan moral pada lembaga ini masih bersifat klasikal dan cenderung monoton komunikasi yang terjadi hanya satu arah saja yaitu dari guru kepada murid serta hanya sebagian anak saja yang mau belajar dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan suatu produk yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran dilembaga tersebut. Produk tersebut berupa Media Papan Lempar. Media Papan Lempar ini dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran nilai agama dan moral pada TA Pesan Ibu . Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 8 langkah yang meliputi (1) pengumpulan informasi (2) rancangan produk awal (3) evaluasi ahli (4) revisi I rancangan produk (5) uji coba tahap I (6) revisi II (7) uji coba tahap II (8) revisi dan produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara mengumpulkan semua saran dari para ahli kemudian dikelompokkan atau dikategorikan selanjutnya diambil kesimpulan Dan data kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan rumus yang kemudian hasilnya akan dirujuk pada analisis persentase tingkat kelayakan produk. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil sebelum penggunaan media papan lempar dan sesudah penggunaan media papan lempar nilai rata-rata nya adalah sebesar 76 44% dan 89 13%. Hasilnya tersebut sangat valid. Terdapat peningkatan nilai pada uji kelompok sesudah penggunaan media. Pada evaluasi ahli diperoleh nilai nilai sebesar rata-rata 80%-90%. Hasil uji ini juga dikatakan valid dan layak digunakan. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran nilai agama dan moral dikelas. Pemanfaatan media ini sebaiknya dapat disesuaikan dengan tema-tema yang ada dalam pembelajaran serta dapat digunakan untuk aspek perkembangan anak yang lainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8301

Actions (login required)

View Item View Item