Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak usia lima tahun di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Kharisma Estu Pratitis - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak usia lima tahun di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Kharisma Estu Pratitis

Pratitis, Kharisma Estu (2015) Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak usia lima tahun di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung / Kharisma Estu Pratitis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratitis Kharisma Estu . 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosi Anak Usia Lima Tahun di RA AL Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci pola asuh orang tua perkembangan emosi anak usia 5 tahun. Keluarga sebagai kelompok masyarakat terkecil terbentuk oleh ikatan duaorang dewasa yang berlainan jenis kelamin wanita dan pria serta anak-anak yangmereka lahirkan. Dalam kelompok ini arus kehidupan di kemudikan oleh orangtua. Alam mempercayakan pertumbuhan serta perkembangan anak pada mereka oleh karena itu penelitian ini membahas tentang Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosi Anak Usia 5 Tahun di RA AL Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dengan rumusan masalah 1) Bagaimanaperkembangan emosi anak usia 5 tahun yangtelahdicapaidi RA Al Hidayah desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung 2)Bagaimanakahpolaasuhyangditerapkanolehmasing-masingorangtua di RA Al Hidayah desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung3) Apakahadahubunganantarapolaasuhorangtuadenganperkembangan emosianak di RA Al Hidayah desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis analisisnya menggunakan analisis crosstab chi square . Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini usia 5 tahun yang bersekolah di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung beserta Orang Tuanya.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner pola asuh orang tua dan kuesioner perkembangan emosi anak. Untuk menjaga keabsahan data menggunakan uji validitas. Berdasarkan kuesioner yang telah dibuat berdasarkan pola emosi tersebut didapatkan rata rata perkembangan emosi di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulunggung sebesar 59 7 dan berada pada kategori sedang.Berdasarkan data hasil kuesioner pola asuh orang tua di RA Al Hidayah Desa Sanan Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung didapat ada 8 orang yang menerapkan pola asuh otoriter ada 9 orang yang menerapkan pola asuh permisif dan ada 17 orang yang menerapkan pola asuh demokratis.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan emosi anak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar kelemahan dalam penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk perbaikan dalam penelitian berikutnya guna menghasilkan hasil yang optimal dalam penanaman kepribadian dan karakter yang baik sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item